Semarak Festival Budaya Borneo 2, Diikuti se Kalimantan dan Negara Tetangga

SuaraBorneo.com, BANJARMASIN – Tidak lama lagi Kalimantan Selatan akan diramaikan oleh suatu kegiatan menarik dan strategis tentang potensi budaya, pariwisata dan investasi pulau Kalimantan yang diberi nama FESTIVAL PESONA BUDAYA BORNEO 2 2018. Ramond, S.Sos sebagai Ketua Pelaksana FESTIVAL PESONA BUDAYA BORNEO 2 optimis, kegiatan tahun ini yang akan diselenggarakan di halaman Kantor Gubernur, Jl. Jend. Sudirman Banjarmasin dari tanggal 11-15 Agustus 2018 akan lebih semarak dan meriah karena diikuti oleh ratusan peserta dari Provinsi Se-Kalimantan, juga dari negara tetangga. Sebagai tuan rumah, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan beserta Dewan Adat Dayak Provinsi Kalimantan Selatan instansi Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan memulai pun sudah persiapan menyambut tamu dan kontingen dari provinsi lain agar dapat memberikan yang terbaik dalam pelaksanaan kegiatan yang berskala Nasional tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan Drs.H. Heriansyah, M.Si, mengatakan dengan adanya kegiatan FESTIVAL PESONA BUDAYA BORNEO 2, Program Peningkatan Wisatawan Mancanegara dan Wisatawan Nusantara Pada Kunjungan Wisata 2020 optimis akan tercapai.

FESTIVAL PESONA BUDAYA BORNEO 2 2018 rencananya akan dibuka oleh Presiden RI Ir. H.Joko Widodo, Presiden MADN Drs.Cornelis,M.H, beserta Gubernur Kalimantan Selatan H.Sahbirin Noor dan dihadiri 12 Kedubes Negara sahabat (Jerman, Prancis, Italia, Republik Ceko, Brasil, Belanda, China, Arab Saudi, Jepang, Malaysia, Singapura, Brunai Darussalam) dan Masyarakat Dayak yang ada di negara Serawak Malaysia dan Brunai Darussalam. para Kabinet Kerja RI, serta para Gubernur Se-Kalimantan, Ketua DAD Provinsi Se-Kalimantan, tokoh-tokoh adat dan pengusaha se-Kalimantan.

Tema yang diusung untuk tahun 2018 adalah “Dengan Budaya dan Pariwisata Kita Bergerak Membangun Kalimantan Untuk Lebih Sejatera” seperti disampaikan oleh Ketua Dewan Adat Dayak Provinsi Kalimantan Selatan Drs. H. Difriadi Darjat “FESTIVAL PESONA BUDAYA BORNEO 2 2018 merupakan representase terhadap kekayaan, kearifan lokal masyarakat Kalimantan baik dalam bentuk seni budaya maupun kultur pembaruan yang dijiwai semangat Bhineka Tunggal Ika”.

Kegiatan ini merupakan sarana promosi dan publikasi seni dan budaya masyarakat Kalimantan. Selain sebagai sarana promosi dan potensi seni dan budaya masyarakat Kalimantan FESTIVAL PESONA BUDAYA BORNEO 2 juga bertujuan untuk membangun komunikasi strategis pemasaran produk daerah disemua sektor baik Nasional dan Internasional. Meningkatkan kreativitas masyarakat dibidang pengembangan IPTEK, Seni dan Budaya membangun daya saing ekonomi masyarakat Kalimantan dan sebagai sarana hiburan interaksi dan sosialisasi yang bersifat edutaiment kepada masyarakat luas serta mendorong kunjungan wisatawan Mancanegara dan wisatawan Nusantara.

Berbagai jenis kegiatan akan ditampilkan di FESTIVAL PESONA BUDAYA BORNEO 2 ini diantaranya :

  • Pagelaran Seni Budaya Dayak yang menampilkan berbagai kesenian, tari tradisi, kreasi, melukis perisai, memahat talawang, ,menyumpit, melukis diatas kumpai, kuliner daerah, balogo, bagasing, desain laung, pameran produk unggulan dan lomba photo pesona.
  • Kalimantan Art Carnaval 2018 pawai budaya dan kesenian yang rencananya akan dilaksanakan di Kota Banjarmasin mulai dari Gedung Mahligai memutari Siring Tendean ke arah JL.Perintis Kemerdekaan kemudian ke jalan S.Parman hingga tiba lagi ke Gedung Mahligai.
  • Kalimantan Investment Forum, merupakan ajang pertemuan antara berbagai pelaku bisnis, pengusaha Daerah dan Nasional, Pemerintah Daerah dan Investor Daerah, Nasional dan Internasional, serta unsur-unsur lainnya. Diselenggarakan 1 hari dan diharapkan dari forum ini dapat dicapai satu kesepakatan yang saling menguntungkan satu sama lainnya.
  • Workshop Kebudayaan, merupakan seminar pengenalan Budaya yang ada di Kalimantan. Kegiatan ini diisi oleh Kementrian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia, Majelis Adat Dayak Nasional, Pemerintah Provinsi dan para Tokoh Adat Dayak. Diselenggarakan selama 3 hari agar peserta lebih mengenal dan mengetahui keanekaragaman Budaya dan Kearifan Lokal Kalimantan yang harus terus dijaga dan dilestarikan bersama.
  • Kalimantan Nigt and Fun 2018 merupakan iburan live musik bersama artis-artis ternama ibukota untuk menghibur dan memeriahkan acara FESTIVAL PESONA BUDAYA BORNEO 2 2018 di Halaman Kantor Gubernur Jl. Jend. Sudirman Banjarmasin.
  • Selain itu ada berbagai kegiatan menarik dan mengibur lainnya antara lain : penampilan musisi lokal seperti uyau moris dan yang lainnya.

Kegiatan FESTIVAL PESONA BUDAYA BORNEO 2 diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, dan Majelis Adat Dayak Nasional, DAD Provinsi se-Kalimantan dan luar Kalimantan, Pemerintah Daerah Provinsi se-Kalimantan, didukung oleh institusi lainnya diantaranya : PT. Anugrah Borneo Community, PT. Batu licin Beton Asphalt, Jhonlin Group, Hasnur Group, PT. Gawi Makmur Kalimantan, Bank Kalsel, Adaro Indonesia, PT. Borneo Indobara, PT. Buana Karya Bhakti, dan lain-lain. (ad/juhri-bjm)

Check Also

Partai Golkar Banjarbaru, Focus Pada Alat Praga Kampanye

SUARABORNEO.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan Daftar Calon Tetap (DCT), Kamis (20/9). H.Anang Sirajudin …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.