GEPAK Banjarmasin Sosialisasikan UU ITE Berita Hoax

SuaraBorneo.com, BANJARMASIN – Anang Misran Hidayatullah panggilan akrab Anang Bidik Ketua Gerakan Pemuda Asli Kalimantan (GEPAK) Kota Banjarmasin mengatakan gelaran Seminar yang dilaksanakan di Hotel Aria  Barito, Sabtu (30/6) kemarin, dalam rangka sosialisasi Undang-Undang tentang Hoax.

Dengan dihadiri ratusan peserta yang terdiri dari unsur  mahasiswa,  dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), tampak antusias peserta yang menyimak mengenai berita hoax jika dibuat dan diposting berpotensi untuk sanksi terpidana secara hukum.

Inilah yang perlu disosialisasikan undang-undangnya  kepada masyarakat melalui peserta seminar dimana mereka bisa mensosialisasikan menceritakan kepada teman-temannya pentingnya mengetahui UU ITE, sehingga  mereka lebih hati-hati dalam menggunakan emdia sosial yang dapat menjerat mereka kepada ranah hukum.

Anang menyampaikan,  “GEPAK mengelar acara tersebut tak hanya seminar, kegiatan lainnya  juga diadakan pelatihan broadcast. Mudah-mudahan kita bisa menjaga untuk tidak menyebar atau membuat berita hoax,” ungkapnya.

AKBP Muhammad Rifa’i dari Kabid Humas Polda Kalsel mengatakan kita jangan begitu cepat untuk meshare informasi, dicek kebenarannya ini benar apa tidak untuk berita tersebut, masalahnya berita ini menyangkut nasib seseorang termaksud suatu kelompok apalagi berbau SARA yang akan membuat perpecahan.

Rifa’i menekankan pada  masyarakat pengguna medsos jangan sampai begitu mudah meshare kan sesuatu kalau belum tentu benar informasi tersebut. Apalagi bagi  pemula pengguna Media Sosial (medsos) begitu mudahnya melakukan share keberbagai Konten padahal itu membahayakan diri sendiri, pesannya

Kalau itu sudah mengaarah pada hukum maka ancamannya dikenakana sanksi hukuman 4-6 tahun. Maka dari itu jangan sampai terjadi, pesan Rifa,i untuk memberikan info tak benar (HOAX) untuk diposting disebarkan ke berbagai Akun.

Untuk pengawasan berita HOAX menyebar di Medsos dunia digital, keberadaan Tim cyber selalu mengadakan Patroli dunia maya di wilayah Hukum Polda Kalsel. Apalagi jelang tahun politik. Untuk itu hati-hatilah bagi pengguna Medsos di Kalsel disampaikan Rifa,i kepada awak media online SuaraBorneo.com (*/ad/albi)

154 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Check Also

Material Terakhir Penyiringan Jalan Kampung Kuin Kecil Berlabuh

BANJARMASIN, SuaraBorneo – Penyiringan jalan kampung Kuin Kecil Kel Mantuil yang sedang digarap oleh satgas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.