Agustiar Sabran, Ketua Dewan Adat Dayak Kalteng Ikut Bacaleg

 

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo.com – Persaingan memperebutkan kursi DPR RI dari daerah pemilihan Kalimantan Tengah dipastikan ketat. Tak hanya antar kader parpol, melainkan juga di antara calon anggota legislatif dari PDI Perjuangan.

Pasalnya, nama Agustiar Sabran, Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalimantan Tengah, bakal ikut meramaikannya. Kakak kandung Gubernur Sugianto Sabran itu masuk dalam bursa caleg PDIP asal Kalteng.

Nama Agustiar bercokol bersama lima calon lainnya, yakni Asdy Narang, Rahmat Nasution Hamka, Willy M Yoseph, Rinawati Limonu dan Tuti Anggraeni.

“Kenapa tidak? Agustiar kan kader PDI P, jadi wajar saja namanya bisa masuk bacaleg,” kata Sekretaris DPD PDI Perjuangan Fredy Ering di sela-sela pendaftaran bacaleg di KPU Kalteng, Selasa (17/7) malam.

PDIP merupakan parpol dengan kader terbanyak yang duduk di DPR RI, setidaknya dalam dua pemilu terakhir. Dua dari enam kursi dapil Kalteng selalu ditempati kader-kader PDIP.

Pada periode DPR RI 2009-2014, dua kader PDIP yang menduduki kursi adalah Sugianto Sabran dan Asdy Narang. Dua lainnya ditempati wakil Chairun Nisa (Golkar), Didik Salmijardi (Partai Demokrat), Hang Ali Syahputra Pahan (PAN), dan Norhasanah (PPP).

Empat tahun lalu, komposisinya berubah, tapi PDIP tak tergoyahkan. Mereka mendudukkan Asdy Narang dan Willy Yoseph di DPR. Willy, karena maju di Pilgub Kalteng, kemudian mengundurkan diri dan digantikan Rahmat Nasution Hamka.

Golkar tetap memiliki kader dengan menempatkan Agati Sulie Mahyudin, istri salah seorang petinggi partai, Mahyudin. PAN juga tetap menempatkan Hang Ali. Yang berubah adalah tak ada kursi bagi Demokrat dan PPP, digantikan Hamdhani (Partai Nasdem) dan Iwan Kurniawan (Gerindra). (tva/han)

Check Also

Dapat 2 Tiket Umroh dari Trans 7, Kai Api Terharu Bertemu Walikota

BANJARMASIN – M Arsyad kembali menemui Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina. Ia mendatangi rumah dinas Walikota sesaat setelah …