Mayarakat Bingung, Vaksin IMR Belum Bersertifikat Halal

SANGATTA – Simpang siur informasi tentang kehalalan vaksin Imunisasi Measles Rubella (IMR) yang digunakan pada saat kampanye serentak imunisasi campak dan rubella pada hari Rabu (1/8) kemarin memicu beragam reaksi dikalangan masyarakat Sangatta Kabupaten Kutai Timur. Tidak hanya melalui dunia nyata, beberapa orang ada juga yang meluapkan rasa prihatinnya kedalam akun sosial medianya.

Beberapa warga yang anak nya telah melakukan suntik vaksin tersebut mengaku menyesal dan hanya bisa pasrah setelah mengetahui belum adanya fatwa yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait kehalalan vaksin tersebut.

“Belum keluar label halalnya sudah keluar iklannya dimana-mana. Kalau dari awal saya tahu belum ada label halalnya, gak bakal saya ikutkan suntik kemarin disekolahannya. Kalau sudah terlanjur suntik kayak gini, perempuan mana coba yang tidak khawatir terhadap anak nya”. ujar Maulana salah satu orang tua yang anak nya telah melakukan suntik IMR pada hari Rabu kemarin.

Tidak hanya itu, salah satu pembina dalam Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) Kutim, Ustadz Abdul Hakim Abu Faqih angkat bicara mengenai perkara ini. Dirinya mengatakan bahwa permasalahan ini menyangkut hajat hidup orang banyak, maka sebaiknya pemerintah tabayyun terlebih dahulu.

“Seharusnya pemerintah bisa lebih jeli dalam memutuskan perkara ini. Sebelum adanya kejelasan dan untuk menghindari polemik, maka alangkah baiknya pemerintah menunggu keputusan dari LPPOM MUI”. katanya.

Untuk diketahui, kontriversi kehalalan terhadap vaksini ini, menbuat beberapa kalangan telah melakukan uji kandungan vaksin IMR secara mandiri. Namun hal itu belumlah bisa dipakai sebagai rujukan terkait label halal, pasalnya Kementrian terkait dikabarkan belum mengirimkan sample untuk dilakukan uji coba vaksin IMR ke LPPOM MUI. (ad/ra)

183 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Check Also

Menyikapi Unjuk Rasa di Jakarta, TNI dan Polri Sebangau Kuala Gelar Patroli Gabungan

PULANG PISAU, SuaraBorneo – Menyikapi situasi unjuk rasa yang terjadi di Jakarta tanggal 21 – …