Mengacu Kepada Permendagri Nomor 118, Disdukcapil Kutim Update Versi Sistem

SANGATTA – Dalam rangka meningkatan kualitas pelayanan administrsi kependudukan, pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kutai Timur, melakukan peningkatan sistem informasi administrasi kependudukan menjadi versi 0.7. yang sebelumnya pihak Disdukcapil Kutim masih menggunakan sistem dengan versi 0.6. Hal tersebut disampaikan langsung Kepala Dinas Disdukcapil Kutim, Januar HPLA saat ditemui awak media pada ruang kerjanya hari Jum’at kemarin (3/8).

Kadis Dukcapil, Januar HPLA mengatakan, bahwa peningkatan sistem versi informasi kependudukan tersebut mengacu pada Peraturan Mentri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 118 Tahun 2017 Tentang Blanko Kartu Keluarga, Register dan Kutipan Akta Pencatatan Sipil.

“Sesuai dengan acuan permendagri, kita (Disdukcapil Kutim) telah melakukan peningkatan versi sistem”. ujarnya kepada awak media.

Selanjutnya Januar HPLA menjelaskan, dengan peningkatan versi sistem yang dipakai oleh pihak Disdukcapil Kutim, maka puhaknya akan secara berkala juga akan melakukan pembaharuan data administrasi kependudukan. Hal tersebut dikarenakan versi terbaru ini telah menambahkan 3 kolom baru tentang informasi kependudukan yang tercantum didalam kartu keluarga.

“Ada 3 kolom tambahan baru pada kartu keluarga, kolom tersebut mencatat informasi tentang golongan darah, nomor buku nikah bagi yang beragamakan islam dan nomor akte nikah bagi non muslim serta nomor paspor”. ugkap Kadis Dukcapil Kutim, Januar HPLA.

Lebih jauh, dirinya juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Kutim yang akan melakukan pengurusan dokumen kependudukan untuk membawa kutipan akte nikah atau buku nikah serta paspor jika memiliki.

“Nantinya yang sudah tercatat akan kita (Disdukcapil Kutim) buatkan kartu keluarga yang baru. Untuk itu dihimbau kepada seluruh masyarakat untuk dapat melengkapi berkasanya,” tutup Kadis Dukcapil Kutim. (ad/ra)

182 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Check Also

Jajaran Manajemen Bank Kalsel Hadiri Seminar Nasional ASBANDA di Denpasar Bali

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Kegiatan seminar nasional Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (ASBANDA) bertempat di Ballroom Hyaat …