Lomba Sumpit, Kodim 1002/Barabai-Korem 101/Antasari Lestarikan Kearifan Budaya Lokal

BARABAI – Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa sumpit merupakan warisan leluhur warga dayak yang tentunya mempunyai nilai historis yang tinggi, selain digunakan sebagai senjata tradisional warga dayak, penggunaan sumpit mempunyai nilai budaya dan sakral bagi kami warga dayak, ujar Damang HST, Sakrani, Selasa (14/8/2018).

“Untuk melestarikan kearifan budaya lokal, Kodim 1002/Barabai-Korem 101/Antasari menggelar lomba sumpit dalam rangka komunikasi sosial kreatif,” ungkap Dandim 1002/Barabai Letkol Inf Nur Rohman Zein, SE,MM, saat membuka lomba sumpit.

Lebih lanjut Letkol Inf Nur Rohman Zein, SE,MM, menyampaikan, “Bahwa kegiatan lomba sumpit dalam rangka Komsos kreatif ini salah satu upaya yang dilakukan dalam pembinaan komunikasi dengan segenap komponen bangsa guna mendukung tugas pokok TNI-AD dalam membangun pola kebersamaan/kemanunggalan TNI Rakyat.

Adapun sasaran dari kegiatan ini adalah demi terwujudnya kemanunggalan TNI Rakyat guna cegah tangkal radikalisme, terwujudnya saling pengertian dan kebersamaan dalam menyikapi kebijakan pimpinan TNI AD, terwujudnya pemahaman yang sama terhadap perkembangan situasi yang berkembang diwilayah dan terbentuknya kader perlawanan rakyat disetiap Satkowil (Satuan Komando Kewilayan) sekami berharap melalui kegiatan lomba sumpit ini dapat menjadi wahana belajar dalam menumbuh kembangkan rasa kebangsaan dan cinta tanah air serta budaya bangsa kita dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” pungkas Nur Zein

Ditambahkan pula oleh koordinator lomba sumpit Kapten Inf Suyanto peserta lomba sumpit kali sangat banyak sekitar 100 orang lebih yang sudah mendaftar, hampir semua warga dayak meratus yang ada di Hulu Sungai Tengah dan untuk pengumunan lomba sumpit akan diumumkan pada tanggal 15 Agustus 2018 di Makodim 1002/Barabai Korem 101/Antasari jl. Telaga Padawangan Kel. Barabai Timur Kec. Barabai Kab. Hulu Sungai bersamaan dengan pengumuman hasil lomba paduan suara yang akan dilaksanakan besok,” jelas kapten Inf Suyanto. (ad/k1002-brb)

Check Also

Korem 101/Antasari Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

BANJARMASIN – Dalam rangka memperingati  Maulid Nabi Muhammad SAW Korem 101/Antasari gelar peringatan Maulid di …