Dandim 1002/Barabai-Korem 101/Antasari Apresiasi Pagelaran Seni dan Budaya

BARABAI – Begitu banyaknya kesenian dan kebudayaan di Hulu Sungai Tengah atau yang lebih dikenal dengan Bumi Murakata selama ini mulai tergerus oleh budaya asing, seperti kesenian teater tradisional Bamanda dan musik Panting yang pada zamannya dulu menjadi primadona hiburan masyarakat Hulu Sungai Tengah.

Untuk menghidupkan dan melestarikan budaya lokal, Pemerintah Kab. Hulu Sungai Tengah bersama instansi terkait menyelenggarakan pagelaran seni dan budaya di Balai Rakyat, Rabu (15/5/2018), Jl. Ganesha Barabai dalam rangka peringatan HUT ke-73 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2018.

Kegiatan yang dihadiri oleh Plt Bupati HST, Komandan Kodim 1002/Barabai, Waka Polres HST, Kepala Dinas Pendidikan Kab. HST, Ketua Dewan Kesenian Kab. HST, Tokoh Masyarakat dan Tokoh seniĀ  Kab. HST menampilkan pagelaran tetaer tradisional Bamanda yang berjudul Bara Api dari Utara dan Musik Panting serta pembacaan Puisi.

Dalam kesempatan tersebut Komandan Kodim 1002/Barabai Korem 101/Ant Letkol Inf Nur rohman Zein, SE, MM, ambil bagian dalam pegelaran seni dan budaya dengan membacakan puisi dihadapan para tamu undangan, sekaligus mengapresiasi kegiatan ini serta memberikan saran agar kegiatan ini bisa rutin dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu sehingga kesenian dan budaya Hulu Sungai Tengah tetap terpelihara dan terjaga dengan baik, ungkap Letkol Inf Nur Rohman Zein. (ad/k-1002-brb)

117 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Check Also

Musorkablub, 31 Cabor Dukung H. Saferiansyah Pimpin KONI 2019-2023

KUALA KAPUS, SuaraBorneo – 31 Cabang olah raga (Cabor) Kapuas memberikan dukungan kepada H. Saferiansyah …