35 Anggota Paskibraka Dikukuhkan Bupati Kutim

SANGATTA – Bupati Kutai Timur (Kutim) Ismunandar, pagi tadi resmi mengukuhkan ke 35 pemuda pemudi yang tergabung dalam anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kutim. Pengukuhan tersebut berlangsung pada Gedung Serba Guna, Bukit Pelangi (16/8).

Dengan melalui sebuah prosesi upacara, pengukuhan anggota Paskibraka Kutim pun dilaksanakan. Para angotta Paskibraka yang dikukuhkan kali ini merupakan siswa terpilih dari SMA/SMK sederajat di Kutim yang telah diseleksi dan dilatih sebelumnya. Paskibraka ini akan bertugas dalam uparara HUT RI ke-73 di Ibukota Kabupaten Kutim, tepatnya di Halaman Kantor Bupati pada 17 Agustus 2018 besok.

Ayu Cintiya Usmawati menjadi pemimpin upacara dan berdiri di tengah Bupati yang jadi Pembina Upacara. Seluruh anggota Paskibraka mengucapkan Ikrar Pemuda Indonesia dengan kompak sebelum dikukuhkan oleh Ismunandar. Barulah setelah itu, Bupati mengukuhkan para anggota Paskibraka yang akan bertugas setelah detik-detik proklamasi tersebut.

Bupati pada kesempatan itu mengaku bangga kepada seluruh Anggota Paskibraka. Karena dari setelah prosesi seleksi, mengikuti latihan hingga jelang dikukuhkan tetap semangat.

“Besok kita akan menyaksikan (hasil) perjuangan adik-adik saat bertugas (pada prosesi pengibaran sang merah putih).” kata Bupati Kutim tersebut.

Seluruh anggota Paskibraka kali ini sangat membanggakan. Karena melalui seleksi, lolos, tes kesehatan dan merupakan perwakilan kecamatan. Karena ada siswa dari kecamatan seperti Kaubun, Sangatta Selatan dan beberapa kecamatan lainnya. Ismu berharap pengalaman ini menjadi bekal berharga sehingga dapat membentuk pemuda yang berkarakter serta disiplin.

Namun menurut Ismu hal yang lebih membanggakan lagi adalah ke 35 Anggota Paskibraka kali ini, rata-rata lahir di 2001 dan 2002 atau awal kelahiran Kabupaten Kutim. Termasuk siswa yang lolos tingkat Provinsi Kaltim untuk nasional. Artinya benar-benar terlahir hampir bersamaan dengan lahirnya Kutim.

“Yang tergabung menjadi anggota Paskibraka ini adalah orang-orang yang terpilih. Mereka semua pemuda pemudi yang membanggakan.” ungkap Ismu.

Bupati Kutai timur tesebut juga menyampaikan rasa terimakasih atas dukungan pelatih dan Purna Paskibraka Indonesia (PPI). Serta mengucapkan  selamat bertugas pada puncak peringatan HUT ke 73 RI. Dia sangat berharap pelaksanaan Upacara HUT RI hingga penurunan Sang Merah Putih di Kutim lebih baik dan sukses.

“Sekali lagi tetap jaga kesehatan, pertahankan kedisiplinan, serta memberikan pengaruh yang baik terhadap lingkungan. Semoga Allah SWT meridhoi semua usaha kita,” tutup Ismu. (ra-sb)

259 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Check Also

UPZ Bank Kalsel Salurkan Donasi Kebajikan kepada DT Peduli

  BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Bank Kalsel salurkan donasi kebajikan kepada lembaga …