Tim Srikandi Dikyasa Ditlantas Polda Kalsel Berikan Edukasi Keselamatan di Jalan Raya dan Tertib Berlalulintas

BANJARMASIN – Dipimpin Kasubdit Dikyasa, AKBP Dra. Nina Rahmi MM, Ditlantas Polda Kalsel seperti biasa pada pagi harinya, pihak Subdit Dikyasa Ditlantas Polda Kalsel melakukan patroli rutin untuk melakukan cek kendali arus lalu lintas, Kamis (16/8). Kegiatan patroli rutin tersebut biasanya dilakukan dari pukul 06.00 sampai dengan 10.00 wita setiap harinya.

Ketika saat tim patroli menyusuri jalan H. Pangeran Muhamad Noor Banjarmasin Barat, tepat pada pukul 08.00 wita, tiba-tiba saja mereka dikejutkan dengan banyaknya anak kecil dengan mengenakan seragam sekolah dasar (SD), berlarian ditepi jalan menuju arah tepi sungai. Melihat banyaknya anak-anak yang lari berhamburan dijalan, sentak saja hal tersebut membuat tim patroli menjadi bingung dan penasaran.

“Pada saat melaksanakan giat kami melihat dan menjumpai anak anak kecil yg berlarian di pinggir jalan dan terlihat menuju arah tepi sungai, dilokasi dekat wilayah Pelabuhan Trisakti,” ungkap Kasubdit Dikyasa Polda Kalsel, AKBP. Dra. Nina Rahmi, MM.

Melihat hal tersebut tentu saja, membuat tim patroli menepikan kendaraannya. Tim patroli yang dipimpin oleh perwira menengah Polda Kalsel tersebut, lantas mengikuti arah tujuan anak-anak itu. Setelah ditelusuri ternyata disekitar lingkungan Jl. H. Pangeran  Muhamad Noor, Banjarmasin Barat, terdapat sekolah setingkat Sekolah Dasar (SD)

Terlihat dari seorang jalan, anak peserta didik dari sekolah tersebut keluar masuk area sekolahan. Beberapa anak terlihat berlarian menyeberang jalan dimana sekolah yang dimaksud berbatasan langsung dengan akses jalan. Bahkan beberapa anak-anak juga ada yang sampai berlarian menuju pinggir sungai.

Guna mengantisipasi serta meminimalisir terjadinya hal yang tidak diinginkan, maka Tim Srikandi Dikyasa yang bergabung dalam patroli tersebut turun untuk segera bertindak mentertibkan

“Kami (Tim Srikandi Dikyasa) langsung turun dari kendaraan karena pada saat itu masih banyak anak-anak yang berada di pinggir jalan bahkan berlarian. Pihak orang tua murid pun terlihat berkumpul di depan pintu gerbang sekolah,” ujarnya.

Setelah diselidiki lebih jauh, ternyata hal itu terjadi disebabkan karena belum adanya guru pengajar yang datang kesekolah. Setelah tim menunggu beberapa saat, barulah terlihat ada beberapa guru yang baru datang. Dengan maksud menemui Kepala Sekolahnya, maka tim Srikandi Dikyasa tersebut menghampiri guru yang ada untung mengingatkan akan pentingnya tertib dijalan raya guna kelancaran berlalu lintas.

 

Setelah berkoordinasi lebih jauh, ternyata para guru mengakui bahwa Kepala Sekolah sedang tidak masuk bekerja dikarenakan sakit. Lantas akhirnya, Kasubdit Dikyasa menyarankan kepada para guru yang ada, agar dapat mengatur jadwal piket kehadiran dengan baik. Hal itu dimaksudkan supaya nantinya para guru bisa lebih mengawasi anak murid agar tidak lagi bermain dan berada di luar area sekolah.

“Melalui guru yang ada saat itu, kami pinta untuk mengadakan jadwal piket hadir lebih awal untuk dapat mengawasi anak muridnya agar tidak bermain keluar are sekolah,” tegasnya. (ra/ad-sb)

145 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Check Also

Dandim 1003/Kdg Sambut Kedatangan Danrem 101/Antasari di Makodim 1003/Kandangan

KANDANGAN, SuaraBorneo – Komandan Korem 101/Antasari Kolonel Inf M. S Ismed, S.E., M.Han beserta Ketua …