Disdukcapil Terus Tingkatkan Pelayanan, Pencetakan KTP-el Terkendala Tinta, Masyarakat Dihimbau Cetak KTP di Provinsi

Ket Foto: Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kutai Timur,  Januar Herlian Putra Lembang Alam

SANGATTA – Demi meningkatan kualitas pelayanan administrsi kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kutai Timur, telah bekerja keras dalam melakukan penyelenggaraannya. Mulai dari menerapkan sistem integrasi dokumen (3 In 1) sampai dengan melakukan tindakan jemput bola ke Kecamatan untuk melakukan perekaman data diri terhadap kebutuhan KTP-el, Sabtu (18/8/2018)

Menurut Kepala Dinas Disdukcapil Kutim, Januar HPLA, walaupun Kutim saat ini tengah dilanda terpaan badai keuangan, dan minimnya ajaran yang dimiliki Disdukcapil, namun dirinya tetap harus bisa membuat terobosan inovasi demi bisa menjalankan tugas dengan baik. Hal itu dilakukan demi tercapaiannya Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA) yang telah dicanangkan oleh Pemerintah pusat.

“Untuk memudahkan masyarakat, kita (Disdukcapil Kutim) telah menerapkan sistem 3 In 1, jadi cukup membawa satu berkas persyaratan akan dilayani secara otomatis terhadap pembuatan dokumen administrasi kependudukan lainya. Walaupun dengan keterbatasan anggaran, kami pun juga melakukan perekaman KTP-el secara Offline ke Kecamatan, dengan cara merangkul pihak ketiga untuk dapat mengakomodir transportasi ke lokasi.” ungkap Kadis Dukcapil Kutim, Januar HPLA kepada awak media beberapa waktu lalu.

Selain itu, belum lama ini Disdukcapil Kutim juga telah memperbarui penerapan sistem informasi administrasi kependudukan menjadi versi 7.0, seperti yang diamanatkan oleh Mentri Dalam Negeri (Mendagri) yang tertuang dalam Peraturan Mentri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 118 tahun 2017 Tentang Blanko Kartu Keluarga, Register dan Kutipan Akta Pencatatan Sipil.

“Baru-baru ini kami (Disdukcapil Kutim) juga telah melakukan peningkatan versi sistem terhadap lembar kartu keluarga.” ungkap Kepala Dinas tersebut.

Lebih lanjut dirinya menjaskan, saat ini Kutim telah cukup mendapatkan pasokan lembar material KTP’el dari pemerintah pusat. Namun Januar, menegaskan belum bisa melakukan pencetakan terhadap material yang ada tersebut. Hal itu dikarenakan saat ini pihaknya telah kehabisan tinta khusus yang dipakai untuk mencetak KTP-el dan belum mendapatkan pasokan lagi.

“Material kami (Disdukcapil Kutim) ada, tapi ribbon nya tidak ada, jadi tidak bisa dicetak, hanya diberikan surat keterangan saja. Banyak daftar antri yang masuk, tapi saat ini belum bisa dilayani untuk pencetakan.”  tegasnya.

Selanjutnya  Januar HPLA, menghimbau kepada masyarakat Kutim yang pada saat ini ingin segera dicetakan KTP-el nya, maka bisa langsung datang ke Kantor Gubernur, Lamin Etam Samarinda untuk melakukan proses pencetakan saat launching program GISA Provinsi Kalimantan Timur (29 s/d 30/8).

“Di kantor Gubernur, tanggal 29 sampai 30 nanti akan ada launching program GISA untuk Provinsi, seluruh Kadisdukcapil sepuluh Kabupaten/Kota yang ada di Kaltim akan hadir. Disana juga ada pelayanan perekaman dan pencetakan KTP-el, jika ada masyarakat Kutim yang berada di Samarinda dan memiliki surat keterangan sementara identitas kependudukan dari kami (Disdukcapil Kutim), bisa datang dan akan dilayani untuk pencetakan KTP-el nya,” ujarnya. (ra-sb)

Check Also

BRIKC KalSel dan Laskar Djogja Kompak Berikan Bantuan Untuk Bangun Mushalla Darurat Korban Gempa Lombok

LOMBOK UTARA – Jarak bukan lah halangan bagi siapapun yang ingin membantu warga Lombok yang …