Subdit Dikyasa Ditlantas Polda Kalsel, Kembali Melakukan Aksi Sambang Sekolah

BANJARMASIN – Program ‘Police Go To School’ kembali dijalankan, hal tersebut dilakukan sebagai bentuk upaya pihak Kepolisian dalam meningkatkan kesasadaran tertib berlalu lintas dikalangan pelajar. Selain itu kegiatan ini dilakukan sebagai tindakan dalam rangka menekan angka kecelakan lalui lintas.

Pada hari ini, dalam Kegiatan tersebut, Kasubdit Dikyasa Ditlantas Polda Kalsel, AKBP. Nina Rahmi bersama rombongan berkesempatan untuk menyambangi SMA Don Bosco Banjarmasin, Senin (20/8).

“Program ini juga merupakan implementasi Undang-Undang Lalu Lintas sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan,” ungkap Kasubdit Dikyasa  Ditlantas Polda Kalsel AKBP. Nina Rahmi.

AKBP. Nina Rahmi, menjelaskan, kedepannya program “Police Go to School” tidak hanya dilakukan oleh polisi, tetapi juga melibatkan pihak-pihak yang berkepentingan seperti Dinas Pendidikan, hingga organisasi transportasi di Banjarmasin. Pihaknya juga akan melibatkan motivator dari perwakilan guru dan lembaga pendidikan yang ada di Kota Seribu Sungai tersebut.

“Hari ini kegiatan ‘Police Go to School’ kami gelar di hadapan siswa siswi SMA Don Bosco Banjarmasin.

Pada saat menyambangi SMA Din Bosco Banjarmasin, tadi pagi, Kasubdit Dikyasa Ditlantas, AKBP. Nina Rahmi, dibuat terpukah oleh pelaksanaan upacara kenaikan bendera merah putih yang dilakukan oleh pelajar disana. Menurutnya, dalam menjalankan tugas, para pelajar menjakankan dengan khitmat dan penuh disiplin. Untuk itu kedisiplinan yang dimiliki pelajar di SMA Don Bosco, bisa dijadikan contoh bagi sekolah yang lainnya.

“Kami (Subdit Dikyasa Ditlantas) juga mengapresiasi tingkat kedisiplinan yang dimiliki oleh siswa siswi, terlebih kedisiplinan dalam menjalankan upacara bendera tadi,” ujar Drs. Nina Rahmi.

Dalam arahannya, Kasubdit Dikyasa Ditlantas, AKBP. Nina Rahmi, mengajak seluruh siswa dan siswi untuk mematuhi peraturan lalu lintas sehingga angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas dapat ditekan.

Didalam sosialisasi itu, petugas Subdit Dikyasa Ditlantas Polda Kalsel, juga menjelaskan sejumlah materi tentang tertib berlalu lintas. Mulai kelengkapan pada saat berkendara, seperti SIM dan STNK hingga kelengkapan kendaraan. Diantaranya penggunaan helm standar, penyalaan lampu pada siang hari, dan menyalakan lampu sen saat hendak berbelok pun juga ditekankan.

Kegiatan sosialisasi tersebut, dirangkai dengan pembagian dorprize berupa helm standar kepada siswa siswi yang berani  bertanya kepada pihak Kepolsian, serta pada kesempatan yang sama AKBP. Nina Rahmi juga telah memberikan tali asih kepada 3 siswa siswi terpilih. (ad/ra-sb)

Check Also

Malming di Pengungsian, Relawan Kalimantan dan Laskar Djogja Bakar Jagung Bersama Warga

MATARAM – Malam minggu (Malming) bagi kaum remaja adalah momen berharga untuk dilewatkan bersama teman, …