Jemaah MDI Sangatta, Hari Ini Laksanakan Sholat Ied

SANGATTA – Pada pagi tadi, komunitas jamaah Masjid Digital Indonesia (MDI) Sangatta, Kabupaten Kutai Timur (Kutim) yang terhubung secara online di seluruh Indonesia, telah melaksanakan Sholat Idul Adha, Selasa (21/8).

Dewan Masjid Digital Indonesia (DMDI), telah menetapkan Hari Raya Idul Adha, jatuh pada tanggal 21 Agustus 2018. Untuk itu di Sangatta, jamaah yang tergabung didalam nya secara serentak pagi tadi telah melaksanakan Sholat Ied di gedung Buana Mekar, kawasan Sangatta Lama.

Bertugas sebagai Khotib Ustadz Abdul Hakim Abu Faqih dan sebagai Imam Ustadz Abu Fakih S Pd. Perhelatan ibadah yang di ikuti oleh ratusan orang tersebut berjalan dengan khusyuk dan penuh khidmat.

“Kami, memiliki semangat yang sama dengan umat islam lainnya dalam membangun Indonesia. Namun, saat ini kami melakukan pelaksanaan sholat yang lebih dulu dibanding umat lainnya (di Indonesia). Hal itu dimaksudkan agar kaum muslimin, khususnya yang tergabung dalam komunitas, tetap terikat pada kesatuan jamaah muslimin di seluruh dunia. Kiblat kita sama, yaitu ka’bah yang ada di Makkah. Maka konsekuensi logisnya adalah mematuhi keputusan Amir Makkah, dalam penentuan Idul Adha.” jelas Abu Fakih, jubir DMDI Sangatta.

Meskipun terdapat perbedaan dalam penetapan hari pelaksanaan, khusus di Sangatta, perbedaan demikian tidak lah menjadi alat sebagai pemecah belah umat islam di Kutim. Di Sangatta, kerukunan yang terjalin antar umat bergama terjalin dengan baik, sehingga terciptalah kondusifitas serta kestabilan keamanan suatu daerah. Hal itu terjadi karena, tingginya tingkat rasa saling menghormati/menghargai antar umat beragama yang berlandaskan oleh hak asasi manusia dan hak beribadah sesuai dengan apa yang diyakini. (ra-sb)

255 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Check Also

Tersenyum, 14 Orang Pesta Sabu Dituntut Ringan 7 Bulan Rehabilitasi

BANJARMASIN, SuaraBorneo – Wajar apabila ke 14 Orang terdakwa yang tengah berpesta sabu di gang …