TNI dan Pemkab HST Cetak 625 Hektar Sawah Lahan Lebak

BARABAI – Lahan Lebak yang ada di Wilayah Hulu Sungai Tengah selama ini tidak pernah terjamah oleh para petani yang ada di kecamata Kasarangan tepatnya di Sungai Buluh, Mantaas dan sekitarnya. Padahal kalau kita olah lahan lebak tersebut bisa menghasilkan pertanian yang cukup menjajjikan hasilnya.

Untuk merealisasikan pengolahan lahan lebak seluas 625 Ha di HST, telah dilaksanakan rapat Ekspose Akhir Pelaksanaan Penyusunan Rekomendasi dan Lahan Labak di Aula dinas Pertanian Kab. Hulu Sungai Tengah Jl. Perintis Kemerdekaan Kec. Barabai Kab. HST, Senin (27//8/2018).

Rapat yang dihadiri oleh Dinas TPH Provinsi Kalsel Herairin FA, Kepala dinas Pertanian Ir. Zainuddin R M.AP, Dandim 1002/Barabai yang diwakili Pasiter Kapten Inf Abdi Hermiato, Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Plt Ir.Sunarwiwarni, Para Babinsa Koramil 08/Kasarangan Kodim 1002/Brb Korem 101/Antasari, Para Pambekal, Kelompok Tani  se-Kec. Kasarangan ini membahas tentang penyusunan rekomendasi dan lahan labak.

Dalam sambutannya Kepala Dinas TPH Provinsi Kalsel Herairin FA, menyampaikan, “Kegiatan ini harus kita laksanakan harus sudah di bulan pada Juli karna masalah anggaran, yang membidangi di provinsi untuk bisa membantu memajukan HST, untuk tahap awal dan tahap pertengahan sudah di laksanakan dan sekarang kita akan bahas pembahasan tahap akhir dan ada nya persamaan presepsi dengan Kodim 1002/Barabai, masyarakat, gapoktan, kelompok tani dan lain-lain,” ujarnya

“Tidak kalah pentingnya kita melibatkan bapak bapak dari Kodim 1002/Barabai Korem 101/Antasari melalui para Babinsa, jadi kita tidak bisa kerja sendiri tanpa bantuan mereka dan kita bisa kerjasama dengan Babinsa dan memanfaatkan waktu selama ± 3 bulan kita bisa membuka lahan ±625 hektar, pada tahun 2019 kita bisa melaksanakan penanaman di lahan tersebut semoga bisa terlaksana,” kata Herairin FA

Lebih lanjut Herarin menyampaikan bahwa pada tahun ini kita mulai mempersiapkan peralatan yang kita butuhan, dan pekerjaan ini tidak gampang dan saya harapkan kita bekerjasama beriringan terutama para gapoktan kelompok tani bisa saling berdampingan untuk bisa menyelesaikan kerjaan yang akan kita kerjakan dan setiap ada permasalahan di lapangan kita bahas dan kita selesaikan.

Sedangkan Komandan Kodim 1002/Barabai Korem 101/Antasari Letkol Inf Nur Rohman Zein,S.E.,M.M melalui Pasiterdim 1002/Barabai Kapten Inf Abdi Hermianto bahwa Kodim 1002/Baraai Korem 101/Antasari siap menyukseskan program ini cetak sawah lahan lebak,”pungkas Abdi. (ad/k-brb)

214 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Check Also

Jajaran Manajemen Bank Kalsel Hadiri Seminar Nasional ASBANDA di Denpasar Bali

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Kegiatan seminar nasional Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (ASBANDA) bertempat di Ballroom Hyaat …