Lindungi Hak Konsumen, Ini Reaksi Pemkab Kutim

Asisten Pemerintah Bidang Kesejahteraan Rakyat Pemkab Kutim, Mugeni

KUTAI TIMUR – Rabu, 12/9/2018. Kabar mengenai barang expired yang diberikan sebagai hadiah pada salah satu Toko Modern di Kutai Timur (Kutim), telah mendapat perhatian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Timur (Kutim).

Pemkab Kutim, melalui Asisten pemerintah bidang Kesejahteraan Rakyat, Mugeni, langsung menanggapi permasalahan tersebut. Menurutnya, hal ini perlu mendapatkan penanganan khusus dari instansi terkait agar kecerobohan dan kelalaian serupa tidak terulang kembali.

Mugeni menegaskan, untuk kelalaian seperti ini tidak bisa ditolerir dan tidak dapat dibenarkan. Pasalnya, hal tersebut sudah melanggar hak konsumen. Terlebih kelalaian tersebut dilakukan oleh pihak  toko modern  berskala Nasional sekelas Alfamidi.

“Meskipun itu hadiah, expired lama, apalagi sampai tahunan dan merugikan masyarakat Kutim ya Dinas terkait harus segera bertindak bersama BPOM untuk melakukan investigasi sehingga ketemu sebab,” tegasnya.

Menurut Mugeni, sanksi tegas harus diberikan kepada pihak terkait, dan pemerintah melalui instansi terkait wajib hadir untuk melindungi hak konsumen.

Apalagi menyangkut kesehatan dan keamanan konsumen dalam mengonsumsi suatu produk. Maka kelalaian yang dapat menimbulkan kerugian seperti ini tidak dapat dibiarkan.

“Hak konsumen kalau sampai dilanggar ya sanksi juga harus diterima oleh pengusaha ataupun pihak yang terkait sebagai pertanggung jawaban.” ujarnya. (ra-sb)

Check Also

Korem 101/Antasari Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

BANJARMASIN – Dalam rangka memperingati  Maulid Nabi Muhammad SAW Korem 101/Antasari gelar peringatan Maulid di …