Rapat Pleno KPU, Bawaslu dan Parpol Banjarbaru, Telah Menyempurnakan DPT

BANJARBARU – Setelah melalui proses yang melelahkan dalam waktu yang singkat, akhirnya KPU Banjarbaru menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP), Kamis malam (13/9), bertempat di Hotel Roditha Banjarbaru.

Acara ini digelar dalam rangka menindak lanjuti Surat KPU RI No.1033/PL.01.2-SD/01/KPU/IX/2018 tentang penyempurnaan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Rapat Pleno dibuka oleh Ketua KPU Banjarbaru, Hegar Wahyu Hidayat , didampingi seluruh Komisioner KPU dan Sekretaris KPU Banjarbaru Hj.Khairunnisa dan Staf Sekretariat serta dihadiri oleh Komisoner Bawaslu Banjarbaru Norma Dina, para perwakilan Partai Politik Peserta Pemilu, Kepal Kesbangpol Banjarbaru, perwakilan Pemko Banjarbaru, perwakilan Dinas Dukcapil Banjarbaru dan Polres Banjarbaru.

Dalam kesempatan tersebut Hereyanto Komisioner KPU dari Divisi Program dan Data memaparkan secara detail kronologi dan proses penyempurnaan, dari dimulainya pencermatan data hingga dilaksanakannya verifikasi faktual ke lapangan bersama sama rekan dari Bawaslu untuk memastikan keakuratan data pemilih ganda yang ditemukan.

Diketahui bersama bahwa Dalam Rapat Pleno sebelumnya KPU Banjarbaru telah menetapkan DPT sebanyak 144.215 Pemilih yang terdiri dari pemilih laki laki sebanyak 70.940 pemilih dan pemilih perempuan sebanyak 73.275 pemilih, namun setelah dilakukan pecermatan dan penyempurnaan bersama Bawaslu Banjarbaru dan Parpol ditemukan pemilih ganda (TMS) yang pada akhirnya atas kesepakatan bersama juga antara KPU, Bawaslu dan Parpol kota Banjarbaru tadi malam kembali ditetapkan jumlah Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) yaitu total pemilih sebanyak 143.736 Pemilih yang terdiri dari pemilih laki laki sebanyak 70.707 pemilih dan pemilih perempuan sebanyak 73.029 pemilih dari 713 TPS yang tersebar di 20 Kelurahan dan 5 Kecamatan yang ada di Kota Banjarbaru. (hrs-bjb)

Check Also

Korem 101/Antasari Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

BANJARMASIN – Dalam rangka memperingati¬† Maulid Nabi Muhammad SAW Korem 101/Antasari gelar peringatan Maulid di …