Pengembangan Bandara Syamsudin Noor, Masyarakat Kalsel Tidak Jadi Penonton Saja

BANJARBARU – Mengambil Peluang dari Pengembangan Bandara Syamsudin Noor untuk Masyarakat Kalsel, diperlukan kompetensi masyarakat agar tidak hanya jadi penonton. Hal itu tentunya menjadi tugas semua, bukan hanya pemerintah provinsi maupun kabupaten kota.

Pemerintah daerah harus mengambil peran dengan membangun sekolah kebandar-udaraan ke depanya. Pentingnya pendirian lembaga pendidikan ke bandaraan, kata  Sekdaprov Kalsel, Drs Abdul Haris, membacakan sambutan Gubernur Kalsel saat membuka dialog publik dengan Tema Mengambil Peluang dari Pengembangan Bandara Syamsudin Noor untuk Masyarakat Kalsel, di Ballroom Novutel Banjarbaru, Sabtu (15/9).

Lebih lanjut, bahwa perlu menyiapkan SDM dan itu hanya bisa didapat dengan membangun sekolah kebandaraan, atau pelatihan pelatihan lainnya. Hal Ini penting agar masyarakat Kalsel terutama masyarakat yang berdampak seketar tidak hanya menjadi penonton. Dengan Perkembangan arus mobilisasi penumpang di Bandara Syamsudin Noor, terus mengalami kenaikan sepanjang 2017. Jumlah penumpang yang datang mencapai 1,81 juta orang atau naik sebesar 2,44 persen dibandingkan 2016 yang berjumlah 1,76 juta orang.

Begitu juga dengan penumpang yang berangkat pada 2017 mencapai 1,78 juta orang atau naik 1,30 persen dibandingkan 2016 yang hanya 1,76 juta orang.

“Tren kenaikan ini menunjukan, Bandara Syamsudin Noor memiliki peran strategis terhadap mobilitas penumpang. Ini menjadi penting bagi kita untuk mencermati, terutama dalam proses dalam percepatan pembangunan,” jelas Gubernur sebagaimana di sampaikan Abdul Haris Makkie.

Pengembangan Bandara Syamsudin Noor sudah barang tentu akan memberikan multi efek positif bagi pembangunan di Kalsel. Dari itu optimalisasi keberadaan bandara harus diiringi dengan pengembangan sumber daya lokal yang berkompeten. Agar konpetensi mengambil Peluang dari Pengembangan Bandara Syamsudin Noor menjadi Bandara Internasional untuk Masyarakat Kalsel. Sebagai mana di harapkan. (hrs-bjb)

Check Also

Korem 101/Antasari Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

BANJARMASIN – Dalam rangka memperingati  Maulid Nabi Muhammad SAW Korem 101/Antasari gelar peringatan Maulid di …