Lowongan CPNS 2018 Telah Dibuka, Kutim Mendapatkan 243 Kuota, 5 Diantaranya Diperuntukan Kepada Lulusan SMA

KUTAI TIMUR – Badan Kepegawaian (BKN) Republik Indonesia (RI), telah menyetujui sebanyak 243 kuota Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari permintaan yang telah diajukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Timur (Kutim). Hal tersebut disampaikan oleh, Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Kutim, Zainuddin Aspan, disela kegiatannya saat ditemui awak media, pada hari Senin (17/9) lalu.

Ia, menjelaskan bahwa kuota yang disetujui tersebut, merupakan 80% besaran nilai dari 300 kuota jumlah CPNS yang diajukan oleh Pemkab Kutim. Dalam hal ini, setidaknya terdapat pengurangan sebanyak 57 kuota untuk CPNS Kutim dalam penerimaannya nanti. Untuk pengurangan kuota tersebut, nantinya akan dilakukan terhadap penerimaan pada bidang tenaga administrasi.

“Tahun ini, Kutim mendapatkan jatah sebanyak 243 kuota CPNS,” jelasnya.

Tidak hanya sampai disitu, Kepala BKPP Kutim tersebut, juga menyampaikan, bahwa di tahun 2018 ini, kesempatan bagi peserta lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), untuk menjadi CPNS telah terbuka. Pasalnya, sebanyak 243 kuota yang di dapat oleh Kutim, 5 diantaranya diperuntukan untuk lulusan SMA dan sederajatnya.

“Ada 5 formasi dengan pendidikan sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA), yang diperuntukan untuk Satpol PP Kutim,” ujarnya.

Selanjutnya, Zainuddin Aspan mengakui, untuk formasi terbanyak masih diprioritaskan pada bidang pendidikan dan kesehatan, seperti tenaga guru dan dokter.

“Formasinya sama dengan daerah lain, tenaga pendidikan dan kesehatan lebih besar,”  ungkapnya.

Ditambahkan olehnya, dikarenakan untuk proses seleksi penerimaan CPNS saat ini telah menggunakan sistem online, maka saat ini BKPP Kutai Timur sedang dalam tahap proses penghubungan jaringan terhadap 100 unit komputer kepada sambungan internet, yang nantinya jaringan tersebut akan langsung bisa terkoneksi kepada BKN pusat.

“Semua menggunakan komputer, tidak ada yang dilakukan secara tertulis.

Hasil pengumuman akan langsung terlihat. Nantinya, hasil pengumuman peringkat 1,2 dan 3 akan mengikuti seleksi tahap lanjutan termasuk psikotes,” katanya.

Untuk diketahui, pendaftaran seleksi CPNS sendiri dilakukan dengan system online yang diaktifkan pada hari ini (Rabu, 19/9/2018), pada Website resmi BKN yakni, sscn.bkn.go.id (ra-sb)

Check Also

Panik Saat Kepergok Sedang Beraksi, RD Tewas Terkena Serangan Jantung

SAMARINDA – Selasa, 23/10/2018. Nasib naas menimpa pemuda asal Samarinda ini,  pasalnya, ia ditemukan tak …