Mayat Mr X Ditemukan Warga di Pesisir Pantai Swarangan Jorong, Diotopsi Tim Biddokkes Polda Kalsel

BANJARMASIN – Tim Biddokkes Polda Kalsel di kamar jenazah RSUD Ulin Banjarmasin bersama Tim Forensik RSUD Ulin dr.Hj. Nila Nirmalasari, Sp.F, M.sc & Tim Forensik RSUD Ulin dengan dan RS HIS, penyidik Polres Tala telah melakukan Otopsi temuan jenazah tanpa identitas yang disebut sebagai MR. X Berjenis kelamin laki-laki yang dua hari sebelumnya di temukan warga di pinggiran pantai swarangan kec. Jorong Kab. Tanah Laut, Rabu kemaren (19/9/2018) pukul 10.30-15.00 Wita.

Waktu dan tempat ditemukan diketahui pada hari Senin 17 September  2018  pukul 12.00 wita bertempat di pesisir pantai Desa Swarangan sungai pandan Kec. Jorong Kab. Tanah Laut, adapun para saksi yang menemukan mayat  Mr X tersebut yaitu Jamal Als Rambo Bin Alm Sule. Ds Swarangan Rt.05 Kec Jorong Tala, dan Muhammad Yadi Bin Alm Anang Yuni. Jln Wisata Desa Swarangan Rt. 05 Kec Jorong Tala.

Menurut keterangan salah seorang saksi yang bernama Jamal, pada saat mencari plastik dan botol bekas di pesisir Pantai Sei Pandan (17/9/2018) lalu, ia secara kebetulan melihat sesuatu di pinggir pantai, dan setelah didekati benda tersebut betapa kagetnya Jamal yang ternyata benda tersebut adalah sesosok mayat manusia nenggunakan celana pendek warna hitam tanpa baju, dengan posisi tertelungkup/tiarap, selanjutnya saksi pemberitahukan kepada warga desa yang berjarak sekitar 7 km dari tempat penemuan mayat Mr X tersebut.

Setelah Tim Otopsi melakukan proses diskusi dan rekonsialiasi bersama antara Tim Forensik RSUD Ulin dr.Hj. Nila Nirmalasari, Sp.F, MSc & Tim Forensik RSUD Ulin dengan Tim Dokpol Biddokkes Polda Kalsel dan RS HIS, dan penyidik Polres Tala, maka diperoleh hasil pemeriksaan dalam dan pemeriksaan penunjang yang menyatakan pemeriksaan luar Jenazah di meja otopsi tanpa label, di bungkus Kantung Jenazah warna orange, plastik bening setelah dibuka nampak jenazah telanjang, posisi mayat dalam keadaan telentang, Kedua tangan disamping tubuh, Kepala menghadap keatas,  telapak tangan menghadap ke ruas sumbu tubuh, kedua kaki kaki, dan jari jari tampak tertekuk ke arah sumbu tubuh, lutut tertekuk ke arah luar tubuh, Tinggi korban sekitar 162 cm.

Sedang pada Pemeriksaan Organ Dalam diperoleh hasil Setelah perut dibuka lapis demi lapis sampai ke organ dalam mengalami pembusukan lanjut, Proses pembusukan lanjut hampir di semua jaringan ikat dan organ, gigi sebagian besar tidak ada/hilang, Sutura kepala menyatu, Rahang cekung menandakan utk ciri kelamin laki laki, Berat organ Jantung 0,001 kg, Berat organ Paru kiri 0,018 kg dan kanan  0,008 kg, ukuran panjang 19 cm dan lebar 11 cm, Berat Hepar 0,812 kg dengan ukuran panjang 20 cm lebar 15 cm (Lobus kanan) sedangkan panjang 9 cm dan lebar 9,5 cm (lobus kiri), Ginjal kanan 0,45 kg dengan ukuran panjang 12 cm dan lebar 5 cm,  Limpa 0,031 panjang 10 cm dan lebar 5,5 cm,  Ginjal kiri 0, 049 panjang 10,5 cm dan lebar 4,5 cm dan Otak, berat 1,266 kg.

Sedangkan pada Pemeriksaan Penunjang didapatkan hasil Pemeriksaan PA  jaringan, pengambilan sampel tulang iga dan spesimen gigi depan  antisipasi pemeriksaan DNA terhadap jenazah MR. X.

Dan dari hasil Catatan pemeriksaan maka Berdasarkan pemeriksaan luar dan dalam sementara, menurut Tim Otopsi yaitu adanya pengamatan observasi dan visual seorang jenazah dengan jenis kelamin laki laki, tinggi badan 162 cm, tersebut diatas  akan dilanjutkan pemeriksaan  Patologi Anatomi spesimen jaringan  Puslabfor Surabaya namun sebagian besar nampak proses pembusukan dan sulit melakukan evaluasi.

Serta Hasil dari pemeriksaan atau otopsi adalah Sebab sebab Kematian tidak bisa dievaluasi sehubungan proses pembusukan lanjut jenazah, dan  jaringan sudah membusuk lanjut  dan beberapa jaringan kulit dan otot (proses pembusukan + air laut) di area kepala, dan ekstremitas atas (tangan), habis  hanya tersisa tulang tengkorak kepala dan tangan. (*/ddy/tim)

429 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Check Also

Apresiasi Jarot Dalam Satu Hari, Berikan Pelayanan ke Masyarakat

SINTANG, suaraborneo.com – Pemerintah Kabupaten Sintang secara konsekwen terus melakukan berbagai upaya dalam membangun daerah …