Warga AKT RT 8 Peringati 10 Muharram Gelar Hidangan Bubur Asyura

BANJARMASIN – Bubur Asyura khas Banjarmasin yang hanya dimasak pada 10 Muharram atau saat pelaksanaan Puasa Asyura. Berbarengan dengan pelaksanaan puasa Asyuura setiap tanggal 10 Muharram, masyarakat khususnya di daerah Kalimantan Selatan biasanya memasak bubur Asyura. Bubur Asyura dibuat untuk disantap bersama, baik oleh mereka yang berpuasa sebagai hidangan untuk berbuka maupun yang tak berpuasa, Kamis (20/9/2018 Masehi) / 10 Muharram 1440 Hijiriah

Di Banjarmasin biasanya dilakukan oleh masyarakat di perkampungan, salah satu kampung di jalan Antasan Kecil Timur RT 8 kecamatan Banjarmasin Utara, dikerjakan beramai-ramai saling gotong royong para ibu-ibu, mengerjakan dan menyiapkan hidangan Bubur Asyura untuk warga setempat.

Selaku koordinator Bubur Asyura di AKT RT.8, Ilin Zuhdi, menyampaikan, “Acara Bubur Asyura ini rutin kami laksanakan tiap tahunnya jelang 10 Muharram, pembelian bahan atau bumbu dengan melaksanakan sumbangan sukarela dari warga (swadaya),” ucapnya.

“Setelah masak dipersilahkan warga untuk mengambil, walaupun bukan warga Jalan Antasan Kecil RT.8 saja RT lain juga kami persilahkan untuk mengambil bubur asyura, membawa tempat mangkok masing-masing, karena kami membikin banyak sekali,” katanya. (ad-sb)

172 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Check Also

Kapuas Siap Gelar Pesparawi Kabupaten

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Kabupaten Kapuas siap menggelar Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) tingkat Kabupaten, …