KPU Banjarbaru Tetapkan DCT Legislatif 374 Orang, Keterwakilan Perempuan 42,52 persen

BANJARBARU – Bertempat di Fave Hotel Banjarbaru, Kamis malam (20/9), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru telah melaksanakan menetapkan dan mengumumkan Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota DPRD Banjarbaru yang berdasarkan kepada Surat Keputusan KPU Kota Banjarbaru dengan Nomor : 41/HK.03.1-kpt/6372/KPU-kot/IX/2018 tanggal 20 September 2018 tentang Penetapan dan Pengumuman Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota DPRD Kota Banjarbaru pada Pemilihan Umum Tahun 2019.

Adapun jumlah Caleg Kota Banjarbaru adalah sebagai berikut : Jumlah Total Caleg sebanyak 374 Caleg dengan rincian Caleg Laki-laki sebanyak 215 Caleg, dan Perempuan sebanyak 159 Caleg, dengan pemenuhan keterwakilan perempuan sebanyak 42,51 persen.

Seluruh calon anggota legislatif yang masuk DCT itu berasal dari 14 partai politik dan khusus perempuan melampaui persentase yang telah ditetapkan sebanyak 30 persen.

Sebagian besar partai politik menempatkan Caleg sesuai jumlah kursi di DPRD Banjarbaru yakni sebanyak 30 kursi yang tersebar pada empat daerah pemilihan.

Partai politik yang Caleg-nya memenuhi kuota kursi DPRD yakni Partai Golkar, PDIP, PPP, Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera, Nasdem, Demokrat, dan Partai Amanat Nasional.

Caleg delapan partai politik itu memenuhi kuota 30 kursi, sedangkan partai lainnya kurang. Partai yang paling sedikit mendaftarkan caleg yakni PKPI hanya lima orang dan PBB sebanyak 8 orang .

Dengan ditetapkannya calon anggota legislatif yang sudah ditetapkan dalam DPT tidak bisa digantikan orang lain meski pun calon yang bersangkutan berhalangan tetap atau meninggal dunia.

Meski pun calon berhalangan tetap atau meninggal dunia, posisi sebagai caleg tidak bisa digantikan dan namanya akan dikosongkan dalam kolom surat suara pada pemilu nanti. (hrs-bjb)

Check Also

Panik Saat Kepergok Sedang Beraksi, RD Tewas Terkena Serangan Jantung

SAMARINDA – Selasa, 23/10/2018. Nasib naas menimpa pemuda asal Samarinda ini,  pasalnya, ia ditemukan tak …