Kebaran Dini Hari, Martapura Nyaris kehilangan Salah Satu Ikon-nya

MARTAPURA – Ditengah malam buta tiba tiba saja raungan serine dari mobil Damkar memecahkan Keheningan malam, dan wargapun berhamburan menuju arah bunyi serine. Dan benar saja api membumbung tinggi nampak dari pusat kota Martapura tepatnya di belakang pasar Bauntung Martapura, Selasa dini hari (25/9), pukul 00.15 Wita.

Kebakaran tersebut terjadi di Pemukiman warga Jl. Karya RT 4 RW 2 Kelurahan Murung Keraton, yang letaknya dibelakang pasar Bauntung. Bauntung kebakaran di pemukiman padat itu berkat dari warga warga bahu membahu dan sejumlah petugas pemadam kebakaran (Damkar) mengepung dari segala penjuru agar api tidak melebar terutama ke bangunan pasar Bauntung dan central permata, salah satu ikon kota Martapura.

Akibat dari kebakaran yang masih dalam penyilidikan pihak yang berwajib itu,  merugikan korban materiil maupun luka luka, 6 buah rumah mengalami rusak berat yang dihuni 10 KK terdiri 35 Jiwa. Ke enam buah rusak berat itu milik, 1) Gusti Amsori (60 ) 2 KK 8 Jiwa, 2) H. Gusti Yamani (60) 1 KK 4 Jiwa, 3) H. Fadli (50) 2 KK 5 Jiwa, 4) H. Odah (40) 1 KK 3 Jiwa, 5) Ifan (30) 1 KK 5 Jiwa dan 6) H. Warli (55) 3 KK 10 Jiwa.

Sedangkan Korban sesak nafas akibat menghirup asap dari kebakaran Imah (18) Tamban, Isnani (25), M. Fauzi (40), Aap (20)Roji (20), Rahmani (17) M. Khairullah (17) dan Kiki (23).

Korban luka luka, Irfan (43) Murung Mengalami luka bakar kedua telapak tangan dan kedua telapak kaki, Yaqin (20) Mengalami luka bakar pada punggung kaki kiri dan pergelanga Kaki kiri, Seman (17) Mengalami luka pada kaki kiri akibat terkena paku,

Delo (20 Tahun) Mengalami luka lecet di bagian lutut kanan dan punggung kaki kanan dan siku kanan. Kesemua korban mendapatkan pertolongan pertama di lokasi kejadian, dan korban di evakuasi ke RSUD Ratu Zalecha Martapura untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Pantauan dilapangan, api yang membumbung tinggi dengan asap hitam itu yang nyaris saja melenyapkan salah satu ikon kota Martapura, berkat kesigapan petugas dilapangkan hingga api dengan cepat dapat dikuasai dan di kendalikan, Emergency Banjar Response, UPTD Damkar Banjar, BPK / PMK Gabungan Se Martapura, Banjarbaru, Gambut, Kertak Hanyar dan Banjarmasin, Polsek Martapura, Kodim 1006 Martapura dan Emergency gabungan, dan PMI Kabupaten Banjar. (hrs-bjb)

251 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Check Also

Kapuas Siap Gelar Pesparawi Kabupaten

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Kabupaten Kapuas siap menggelar Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) tingkat Kabupaten, …