HUT Kutim ke-19, Deperindag Gelar Lomba Desain Kemasan Produk Kerajinan Tangan dan Batik Lokal

KUTAI TIMUR – Dalam memeriahkan peringatan hari ulang tahun Kabupaten kutai  Timur (Kutim) yang ke 19, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten kutim  bekerjasama dengan Dewan Kerajinan nasional (Dekranasda) Kutim gelar lomba produk kerajinan tangan , kemasan dan desain batik lokal. Rabu (10/10/2018)

Lomba yang di gelar di Graha Expo, kawasan Bukit Pelangi Sangatta, di ikuti oleh 30 orang peserta yang terdiri dari umum dan pelajar. Beberapa kategori yang di lombakan adalah lomba kemasan, kerajinan tangan untuk umum dan lomba desain batik lokal yang khusus di ikuti oleh peserta pelajar. Dengan total hadiah sebesar Rp 20 juta.

Saat ditemui ketua panitia lomba yang juga sebagai Kasi Industri dan Agromanufaktur Disperindag Kutim, Rifani indranata,SE, menjelaskan bahwa dalam memeriahkan Hut Kutim dan Expo yang ke 19 Disperindag bekerjasama dengan Dekranasda mengadakan lomba.

“Hal ini bertujuan untuk ikut memeriahkan Hut Kutai Timur, dengan mengadakan beberapa lomba tingkat umum atau masyarakat umum dan pelajar tingkat SLTP. Perlomba tersebut berupa kemasan, desain-desain kerajinan dan desain batik,” ucapnya.

“Untuk tingkat SLTP khusus untuk mengikuti desain batik motif local, dan hadiah ini kita siapkan uang pembinaan untuk juara 1, 2 dan 3 umum begitu juga SLTP dengan total hadiah dua puluh juta rupiah,” jelasnya.

Perlombaan sendiri dilaksanakan selama satu hari, Rabu (10/10/2018). Dari pukul 12.00 wita sampai pukul 03.00 wita.

Lebih lanjut Rifani mengetakan lomba yang di ikuti oleh 30 peserta tersebut melibatkan tiga dinas sebagai tim penilai yakni Dinas Koperasi Kutim, Dinas Pendidikan Kutim dan dari Disperindag sendiri.

“Diharapkan dengan adanya perlombaan ini dapat meningkatkan kualitas produk, kemasan dan citra merek olahan yang di hasilkan oleh usaha kecil dan menengah (UKM) yang ada di Kutim, sehingga dapat meningkatkan perekonomian khususnya di kabupaten Kutim. (*/ra-sb)

Check Also

Panik Saat Kepergok Sedang Beraksi, RD Tewas Terkena Serangan Jantung

SAMARINDA – Selasa, 23/10/2018. Nasib naas menimpa pemuda asal Samarinda ini,  pasalnya, ia ditemukan tak …