Paman Birin Pimpin Ziarah dan Tabur Bunga di Makan Pangeran Antasari

BANJARMASIN – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan memperingati wafatnya Pahlawan Nasional Pangeran Antasari 2018, Kamis (11/10/2018), di Makam Kuburan Muslimin Sei Jingah Banjarmasin.

Upacara lansung dipimpin Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, dihadiri para pejabat SKPD Pemprov Kalsel, anggota Polri Polda Kalsel, TNI Korem 101/Antasari, Camat Banjarmasin Utara, dan para Lurah, serta anak-anak sekolah disekitar makam.

Dikesempatan Paman Birin panggilan akrab Gubernur Kalsel, menyampaikan pidatonya, “Klo kita sudah mau menyusir penjajah, sepakat membela, jangan sampai diberi muka, jangan sampai menyerah, haram dijamah penjajah, haram diriku dipenjara, haram negeri ku dijajah, itu lah pesan-pesan Pengeran Antasari,” ucapnya.

“Jaga pulau kita ini jangan sampai ditambang batubara, apalagi pulau kecil seperti di Kotabaru Pulau Laut, akan terguras masuk air laut, tenggelam Pulau Laut, pertanyaan siapa yang bertanggung jawab, terus pertahankan Pulau Laut yang kecil dari pertambangan batubara, pesan dan semangat Pangeran Antasari, sebagai motivasi generasi penerus untuk terus bergerak membangun banua, berhentilah bacakut papadaan (perang mulut antar sesama), mari kita bangun pemerintahan provinsi, cita-cita kita bersama mewujudkan Kalimantan Selatan mandiri dan terdepan, sebuah provinsi yang diridhoi Allah SWT,” pesannya.

Acara berakhir setelah berdoa dilanjutkan dengan tabur bunga dimakan Pangeran Antasari dan pemberian paket kepada juriat (keturunan) Pangeran Antasari, Gusti Aminullah (81) beserta keluarga. (ad-sb)

Check Also

Panik Saat Kepergok Sedang Beraksi, RD Tewas Terkena Serangan Jantung

SAMARINDA – Selasa, 23/10/2018. Nasib naas menimpa pemuda asal Samarinda ini,  pasalnya, ia ditemukan tak …