Taman Kanak-Kanak Merupakan Pondasi Dasar Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Bangsa

BANJARBARU – Ada lima nilai karakter utama yang menjadi prioritas pengembangan gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Nilai-nilai tersebut antara lain nilai religius, nasionalisme, integritas, kemandirian dan kegotong royongan. Masing-masing nilai tidak berdiri dan berkembang sendiri-sendiri, melainkan saling berinteraksi satu sama lain, berkembang secara dinamis dan membentuk keutuhan pribadi. Hal tersebut sangat penting ditanamkan sejak dari usia dini hingga jenjang pendidikan yang lebih tinggi, baik pendidikan formal maupun pendidikan nonformal.

“Salah satu jenjang yang sangat penting tersebut adalah taman kanak-kanak sebagai pondasi dasarnya,” ujar Sudirwo, SE, MM, Sekretaris Dewan Pendidikan Kota Banjarbaru, saat menghadiri acara pertemuan rutin Kelompok Kerja Kepala Taman Kanak-Kanak (K3TK) Se-Kota Banjarbaru di Rumah Makan Wisata Subur Bandara (11/10).

Turut memberikan sambutan Wakil Ketua Dewan Pendidikan, Dr. H. Burhanuddin Noor, menyampaikan bahwa Dewan Pendidikan mempunyai peran strategis sebagai orangtua, pengayom dan penimbang kebijakan pemerintah daerah dalam dunia pendidikan di kota Banjarbaru.

“Mari sama-sama kita bersinergi untuk wujudkan pendidikan yang berkarakter. Dan jangan sungkan untuk memberikan saran, masukan dan usulan demi kemajuan dunia pendidikan di Banjarbaru,” ujar Burhanuddin, yang juga mantan Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru ini.

Pertemuan para kepala taman kanak-kanak ini rutin diselenggarakan setiap bulan oleh K3TK dan IGTKI. Turut berhadir Pengawas TK/PAUD, H. Ismail, Hj. Masnunah Ketua K3TK Kota Banjarbaru, Tisnawati Ketua IGTKI Kota Banjarbaru dan diisi materi mengenai Kinerja Kepala Sekolah Profesional oleh narasumber dari fasilitator nasional Dr. H. Arif Sri Wiyana, Kalimantan Selatan. (hrs-bjb)

Check Also

Peringati Hari Juang Kartika, Kodim 1007/Banjarmasin Gelar Pengobatan dan Sunatan Massal

BANJARMASIN – Peringati Hari Juang Kartika Tahun 2018, Kodim 1007/Banjarmasin Korem 101/Antasari gelar bhakti sosial …