BI dan Pemprov Kalsel Fasilitasi Kerjasama Perdagangan Antar Daerah untuk Pengendalian Inflasi Telur di Kalsel

SUARABORNEO.COM – Inflasi pangan menjadi permasalahan yang kerap muncul (persisten). Di Kalsel, terutama pada beberapa bulan terakhir, tekanan biasanya datang dari harga telur ayam dan daging ayam. Untuk mengatasi hal tersebut, BI Kalsel bersama dengan SKPD2 yang tergabung dalam TPID Kalsel didukung Bulog Kalsel melakukan upaya pemenuhan kebutuhan pasokan komoditas melalui kerjasama perdagangan antar daerah.

Sebagai langkah inisiasi strategis, Selasa kemaren (30/10) dilakukan penandatanganan Nota Kesepahahaman B to B antara Bulog Kalsel dengan Koperasi Putera Blitar untuk penyediaan komoditas telur.

Kerjasama antar daerah ini bertujuan untuk mendukung stabilitas harga telur di Kalsel sehingga tidak melonjak naik yang merugikan konsumen, juga sebaliknya tidak turun tajam yang merugikan peternak telur.

Pelaksanaan kegiatan yg merupakan tindak lanjut konkrit pasca pertemuan penjajagan beberapa waktu lalu tsb bertempat di pendopo Bupati Kanigoro Blitar disaksikan langsung oleh Bupati Blitar H. Rijanto beserta jajarannya, anggota DPRD Blitar, KaKpwBI Kediri (H. Djoko R.). Sementara, dari sisi Kalsel dihadiri oleh rombongan perwakilan 14 TPID Prov/Kab/Kot Kalsel yg diketuai KaKPwBI Kalsel (Herawanto), Abdul Haris Makkie (Sekdaprov Kalsel), Awaludin Iqbal (KaDivre Bulog Kalsel) dan jajaran SKPD anggota TPID tingkat provinsi dan kabupaten/ kota.

Penandatanganan ini akan segera diikuti dgn penerbitan purchase order oleh Bulog kepada Koperasi Blitar. Sehingga, hari ini menjadi bersejarah bagi Kalsel sebagai satu langkah awal yg penting dan strategis dlm pengendalian inflasi yg sejalan dgn arahan presiden RI dalam rakornas TPID 2018.

Kerjasama perdagangan ini bukan yg pertama kali dilakukan oleh Kalsel dan merupakan inisiasi untuk program pengendalian inflasi. Selain Kab. Blitar, dengan difasilitasi oleh Pemprov Kalsel usaha-usaha bisnis di Kalsel juga telah melakukan kerjasama perdagangan berbagai komoditas usaha-usaha bisnis di Provinsi Jatim. Dalam dua hari ke depan, kerjasama ini berlanjut ke perjanjian usaha-usaha bisnis di DIY. (*/ad-sb)

Check Also

Diberhentikan Sepihak, Wabup Tabalong Laporkan Bupati dan Sekdanya ke Bareskrim Mabes Polri

BANJARMASIN – Zony Alfianoor sebagai wakil Bupati Tabalong di periode 2014-2019 merasa kecewa setelah dirinya …