Ajak Masyarakat Awang Mencintai Tanah Air, Penyuluhan Wawasan Kebangsaan TMMD Ke-103 Kodim 1002/Barabai

BARABAI – Pelaksaanaan TMMD ke 103 Kodim 1002/Barabai Korem 101/Antasari sudah banyak sekali kemajuan pelaksanaan berbagai sektor baik sasaran fisik dan non fisik, ujar Danki TMMD Kapten Arh Sulasito.

“Kami mengajak masyarakat Awang untuk lebih mencintai tanah air dengan wawasan kebangsaan,” ujar Kapten Inf Rudi Hartono, Kamis (1/11/2018) di Aula desa Awang.

Lebih lanjut Kapten Inf Rudi Hartono menyampaikan bahwa Wawasan kebangsaan dapat juga diartikan sebagai cara memandang atau sudut pandang yang mengandung kemampuan seseorang atau kelompok orang untuk memahami keberadaan jati diri sebagai suatu bangsa dalam memandang dirinya dan bertingkah laku sesuai falsafah hidup bangsa dalam lingkungan masyarakat. Atau wawasan dapat diartikan cara melihat atau cara pandang.

Sehingga Wawasan Kebangsaan Indonesia adalah cara pandang mengenai diri dan tanah airnya sebagai negara kepulauan dan sikap bangsa Indonesia terhadap diri dan lingkungannya, dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat.

“Diharapakan dari penyuluhan wawasan kebangsaan ini warga Awang dapat melaksanakan dan mengamalkan nilai-nilai wawasang kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat diantaranya : Penghargaan terhadap harkat dan martabat manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Cinta atas tanah air dan bangsa. Demokrasi atau kedaulatan rakyat. Tekad bersama untuk berkehidupan kebangsaan yang bebas, merdeka, dan besatu. Masyarakat adil-makmur dan Kesetiakawanan sosial,” tutup Rudi. (*/ad-sb)

180 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Check Also

Mulawarman Peduli, Babinsa Koramil 1003-04/Kdg Latih PBB Siswa Siswi SMPN 1 Kandangan

KANDANGAN, SuaraBorneo – Guna menanamkan kedisiplinlan kepada para siswa siswi SMP Negeri 1 kandangan. Sabtu …