Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXVI Dim 1003 Kandangan Menimba Ilmu Membuat Lemang

KANDANGAN – Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXVI Dim 1003 Kandangan dalam rangkaian Kegiatan TMMD ke 103 Persit Kartika Chandra Kirana, beberapa waktu lalu menyelenggarakan kegiatan Anjangsana mengunjungi Warga di sekitar Lokasi TMMD, Rabu (7/11).

Anjangsana Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXVI Kodim 1003 Kandangan Ibu Hikmah Fadilah bersama Ibu-ibu Pengurus Cabang melakukan kunjungan ke Lokasi TMMD ke-103 di Desa Malilingin Kecamatan Padang Batung. bersilaturahmi dengan warga di sekitar Lokasi TMMD.

Anjangsana Persit Kartika Chandra Kirana ketempat warga menjalin silahturahmi bersama Masyarakat di dekat lokasi TMMD dan melihat sekaligus menambah wawasan proses pengolahan lemang.

Sedikit penjelasan Ibu Suyono memberikan Resep dan Bahan Kue Lemang : 1 kg beras ketan, 1 liter santan kelapa, 1 sendok teh garam halus, 1 tangkai daun pisang (ambil daunnya saja), 2 batang buluh bambu (bersihkan bagian dalam dari buluh bambu tersebut).

Cara membuat: Pertama cuci beras ketan terlebih dahulu kemudian keringkan dan tiriskan. Untuk hasil terbaik rendam dahulu selama 3-4 jam lalu cuci dan tiriskan. Selanjutnya, tambahkan santan dan garam kedalam beras ketan yang telah dicuci. Langkah berikutnya, siapkan bambu yang telah dibersihkan bagian dalamnya lalu lapisi bagian dalam bambu dengan daun pisang.

Setelah itu masukkan beras ketan yang telah diberi santan ke dalam bambu, namun ingat jangan terlalu penuh. Kira-kira 3/4 bagiannya saja. Selanjutnya, tutupi bagian atas bambu dengan daun pisang.

Dan yang terakhir, Nyalakan api bisa menggunakan kayu bakar atau arang untuk membakar bambu yang sudah berisi beras ketan hingga matang. jangan lupa membolak-balikan bambu sesekali agar matang secara merata.

Setelah tidak terlalu panas, keluarkan lemang dari bambu tadi lalu potong kecil-kecil dan siap disajikan.

Mudahkan ibu-ibu Resep ini bisa jadi inspirasi buat ibu ibu Persit ucap Bu Suyono (red) disela-sela kegiatan tersebut, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana kepada masyarakat, serta kegiatan ini sebagai wujud menjalin silaturahmi, kebersamaan dan solidaritas Persit Kartika Chandra Kirana ucap Hikmah Fadilah. (*/ari-hss)

Check Also

Diberhentikan Sepihak, Wabup Tabalong Laporkan Bupati dan Sekdanya ke Bareskrim Mabes Polri

BANJARMASIN – Zony Alfianoor sebagai wakil Bupati Tabalong di periode 2014-2019 merasa kecewa setelah dirinya …