SUNGAI REGENERATIF : 04 Riparian

Oleh : Yustinus Sapto Hardjanto

Riparian berasal dari kata ripa yang artinya adalah tepi sungai. Riparian bisa berupa tutupan vegetasi mulai dari yang tahan hidup di air, amphibi hingga lahan kering.

Selain itu riparian bisa berupa rawa dangkal yang terhubung dengan sungai yang dominan ditumbuhi rerumputan.

Riparian bisa juga disebut hutan digaris pinggir sungai. Karena berada di zona peralihan maka riparian kaya akan keragaman hayati.

Fungsi kunci riparian adalah sebagai sistem infiltrasi dan filtrasi alamiah (biofilter). Mencegah erosi, mengurangi sedimentasi dan menjerap zat zat yang berbahaya agar tak mencemari air sungai.

Riparian juga merupakan habitat bagi aneka tumbuhan dan satwa serta menjadi lumbung sumber pakan bagi aneka mahkluk baik di air maupun di darat.

Selain menjaga suhu air, riparian yang terkadang membentuk kanopi diatas sungai juga merupakan koridor atau perlintasan satwa dari satu area ke area lainnya. Tak heran jika riparian juga kerap menjadi tempat persinggahan binatang migran, mulai dari mamalia kecil, primata, melata hingga berbagai jenis unggas.

Bagi warga disekitar sungai, riparian akan menghadirkan suasana dan pemandangan yang indah sehingga bisa menjadi tempat piknik, olahraga, memancing dan bersosialisasi.

Tegakan pohon pada riparian juga mampu meredam.energi air pada saat banjir atau volume air meninggi.

Namun zona riparian inilah yang kerap dirusak baik oleh okupasi lahan maupun rekayasa sipil. Dan hasilnya kualitas, kuantitas dan kontinuitas air sungai tak terjaga. Pun demikian juga dengan fungsi dan manfaat sungai yang kemudian jadi menurun atau terdegradasi hingga sekedar menjadi aliran air.

Hilangnya riparian membuat kita kehilangan sungai sebagai multi use resource. Air sungai dan air hujan yang seharusnya kita sebut sebagai air kehidupan kemudian berubah menjadi air dengan daya rusak. Bentuk dan wajah sungai menjadi berubah, tak lagi indah, tak lagi ramah.

#riparian
#konservasitanahair
#biofilter
#aguatic
#ekoton

231 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Check Also

Revitalisasi Pasar Rakyat di Kecamatan Kongebeng Kutim

KUTIM, SuaraBorneo.com – Pasar rakyat merupakan sektor penggerak ekonomi Di desa Marga Mulia Sp 4 …