Hingga Hari Ini Korban Tewas Tsunami Banten Mencapai 281 Orang

BANTEN, SuaraBorneo.com – Penanganan darurat terus dilakukan di daerah yang terdampak Tsunami di Selat Sunda. Prioritas penanganan darurat saat ini adalah koordinasi, evakuasi, pencarian dan penyelamatan korban, pelayanan kesehatan, penanganan pengungsi, dan perbaikan darurat sarana prasarana yang rusak.

Data sementara yang berhasil dihimpun wartawan SuaraBorneo.com dari Posko BNPB hingga Senin 24 Desember 2018 pukul 07.00 WIB, tercatat 281 orang meninggal dunia, 1.016 orang luka-luka, 57 orang hilang dan 11.687 orang mengungsi. Kerusakan fisik pun tercatat meliputi 611 unit rumah rusak, 69 unit hotel-vila rusak, 60 warung-toko rusak, dan 420 perahu-kapal rusak.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengungkapkan, korban dan kerusakan ini terdapat di lima kabupaten terdampak yaitu Pandeglang, Serang, Lampung Selatan, Tanggamus dan Pesawaran.

“Jadi wilayah di Provinsi Banten dan Lampung yang berada di Selat Sunda. Daerah pesisir di Kabupaten Pandeglang adalah daerah yang paling banyak jumlah korban dan kerusakannya dibandingkan daerah lain,” ujar Sutopo dikutip dari keterangan resminya.

Dari data tersebut diketahui, di Kabupaten Pandeglang tercatat korban 207 orang meninggal dunia, 755 orang luka-luka, 7 orang hilang, dan 11.453 orang mengungsi. Kerusakan fisik meliputi 611 unit rumah rusak, 69 hotel dan vila rusak, 60 warung makan dan toko rusak, 350 perahu atau kapal rusak, dan 71 unit kendaraan rusak.

“Jumlah korban dan danpak kerusakan sangat mungkin bertambah mengingat petugas masih melakukan pendataan,” tambahnya.

Evakuasi, pencarian dan penyelamatan korban terus dilakukan. Diduga masih ada korban yang berada di bawah reruntuhan bangunan dan material yang dihanyutkan tsunami.

Dari pantauan SuaraBorneo.com dibeberapa lokasi bencana,terlihat ratusan anggota TNI dan Polri serta relawan lainnya sedang mengevakuasi korban tewas dan berupaya membersihkan puing-puing bangunan yang hancur.

Hingga saat ini, bantuan tenaga relawan,logistik,dan tim medis terus berdatangan keberbagai lokasi terdampak. (*pp/sb)

 

Check Also

Anggota DPRD Sintang Himbau Untuk Terempoh Sehat

SINTANG, suaraborneo.com – Masyarakat khususnya di Sintang mengenal budaya berkunjung ke rumah satu sama lain …