Kecamatan Sumur Minim Bantuan, Akses Jalan Yang Rusak Dituding Penyebabnya

Relawan Gabungan Bersama Membersihkan Sisa Puing Bangunan

SuaraBorneo.com, BANTEN – Rusaknya akses jalan di Kecamatan Sumur ini menurut seorang relawan FPI Padeglang M. Noor Hidayat menjadi penyebab terhambatnya para relawan gabungan untuk membawa berbagai bantuan.

TNI,Polri,BNPB dan petugas lainnya kesulitan menembusnya termasuk kami dari FPI Padeglang. Beruntung kami bisa mencapai beberapa desa meskipun susah payah.

“Ada beberapa desa yang masih minim mendapatkan bantuan,baik berupa sembako,perlengkapan bayi maupun tenaga evakuasi dan medis,” ucap Dayat Selasa (25/12/2018).

Kecamatan Sumur sebuah kecamatan di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, merupakan salah satu wilayah yang masih terisolir. Wilayah ini berada di paling ujung dari wilayah Pandeglang.

“Pertama kami evakuasi korban selamat,memberikan bantuan logistik seperti pakaian dan makanan,membawa mereka ketempan yang lebih aman,baru kami mengevakuasi mayat-mayat disitu,” tuturnya lagi.

Saadah warga yang selamat dari terjangan Tsunami menuturkan, relawan yang pertama kali membantu warga disini adalah relawan FPI, mereka banyak membantu kami disini.

“Relawan yang pertama kali membantu warga disini adalah relawan FPI, mereka banyak membantu kami disini sebelum relawan dan petugas lainnya tiba,” tuturnya.

Dari pantauan SuaraBorneo.com petugas gabungan terus melakukan pencarian korban tidak hanya melalui jalur udara dan darat namun, pencarian korban melalui jalur laut juga dilakukan oleh TNI AL.

Sebelumnya, terjadi tsunami di kawasan Selat Sunda, pada Jumat (21/12/2018) sekitar pukul 21.30 WIB. Insiden itu mengakibatkan 429 orang meninggal dunia.

Selain mengakibatkan korban meninggal dunia, sebanyak 1.485 orang mengalami luka-luka, 154 orang masih hilang, dan 16.082 orang mengungsi. Data itu baru data sementara yang diterima dan dirilis BNPB pada Selasa 25 Desember 2018, per pukul 13.00 WIB.

Tsunami itu mengakibatkan kerusakan secara fisik. Tercatat sudah 882 unit rumah mengalami kerusakan, 73 unit penginapan meliputi hotel dan villa, hingga 1 Dermaga rusak. (*/pp-sb)

Check Also

Peduli Warga Terdampak Covid-19, Polda Kalsel Bagi Sembako Secara Door to Door

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Guna meringankan beban kehidupan warga yang terdampak Pandemi Virus Corona atau Covid-19, …