BAZNAS Bangun 530 Huntara di Desa Rogo Sulawesi Tengah

SIGI, SuaraBorneo.com РPasca gempa bumi dan Tsunami menimpa provinsi Sulawesi Tengah pada awal September 2018 lalu,pemerintah dan juga para relawan bahu membahu membenahi dampak kerusakan material, ekonomi, lingkungan dan juga dampak sosial.

Melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) sedikitnya 530 hunian sementara (Huntara) dibangun untuk para korban dampak gempa bumi di Desa Rogo Kecamatan Dolo Selatan Kabupaten Sigi.

Desa yang memiliki jumlah penduduk sekitar 2.749 jiwa,530 KK tersebut masing-masing perkepala keluarga akan menghuni Huntara tersebut pasalnya, 99 persen bangunan rumah di Desa tersebut mengalami rusak parah akibat digoncang gempa pada tanggal 5 September lalu.

Kepada SuaraBorneo.com Kamis (27/12), Kepala Desa Rogo Fuad Hudin melalui Sekretarisnya Ajmain Ramadhan mengatakan, Huntara yang berjumlah 530 unit tersebut terbagi di empat titik yaitu, RT.01 hingga RT.04.

“Alhamdulillah saat ini pembuatan Huntara sedang berlangsung yang berjumlah 530 unit,semuanya terbagi di empat titik yaitu, RT.01 hingga RT.04. Ini merupakan bantuan dari Baznas khusus untuk warga Rogo,” kata Ajmain.

Ajmain menambahkan, selain membangun Huntara, Baznas juga membangun fasilitas publik lainnya seperti tempat ibadah, TPA Al Quran. Baznas juga menggelar Dakwah Islamiyah, pemulihan ekonomi pertanian dan dagang, serta memberikan keterampilan kepada ibu-ibu.

Dari data yang dilaporkan Sekretaris Desa Rogo,sedikitnya 80 unit Huntara telah selesai dibangun diatas tanah milik warga yang berstatus dipinjamkan dan tanah lapangan milik Desa.

Sebelumnya, Desa Rogo inilah 5 orang relawan Kalimantan Peduli dari pulau Kalimantan mengabdikan dirinya ,memberikan pelayanan medis,memberikan sembako dan psikososial kepada warga kami selama hampir satu bulan lamanya,pungkas Ajmain. (*pp/sb)

Check Also

Satu Unit Toko Meubel Roboh Akibatnya Banjir

SEKADAU, suaraborneo.com – Satu unit toko meubel yang berada di Desa Sungai Ayak, Kecamatan Belitang …