Dandim Kandangan Buka Wawasan Kebangsaan Bagi Peserta Perkemahan Pramuka Penegak Berprestasi

KANDANGAN, Suaraborneo.com  –  Peserta perkemahan Pramuka Penegak Berprestasi V 2019 dibuat tak beranjak dari tempat duduk mereka, hal ini terjadi ketika materi tentang wawasan kebangsaan oleh Komandan Kodim 1003/Kandangan Letkol Inf Suhardi Aji Sriwijayanto, SE di Bumi perkemahan Bukit Kantawan Desa Hulu banyu Kecamatan Loksado Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Jum’at (28/12).

Layaknya seorang orator Letkol Inf Aji mengupas tuntas tentang wawasan kebangsaan dan Bela  Negara yang dikaitkan dengan kondisi saat ini  sangat memprihatinkan bahkan kritis dg adanya penurunan jiwa nasionalisme dan bela negara termasuk krisis dimensional banyak yang terlibat narkoba dikalangan generasi muda.

”Para pemuda sudah sepantasnya berada pada barisan paling depan sebagai dinamisator ,tunas bangsa dan Solusi setiap masalah yg ada  dalam memajukan bangsa ini, Pemuda harus menjadi agent of change dari perjalanan sejarah bangsa ini menjadi lebih baik,” katanya penuh semangat.

Tampil energik dan turun langsung ke floor menyapa dan mendekati para peserta pramuka   dg disambut tepuk tangan dari peserta yang mengikuti perkepres V membuat suasana menjadi lebih santai dan mencair.

Dandim 1003/Kandangan mengatakan ”Kegiatan ini adalah bentuk kepedulian Kami sebagai aparatur TNI dari Kodim 1003/Kandangan, kami sengaja menyampaikan hal ini dengan tujuan terutama adek 2 pramuka  khususnya unsur kepemudaan untuk mempunyai kepedulian kepekaan, karakter, budi pekerti, mental dan pondasi iman  dalam membangun Hulu Sungai Selatan, Provinsi Kalsel dan Indonesia secara umum, dan yang terpenting agar memiliki wawasan kebangsaan yang tinggi dalam rangka menghadapi dinamika sosial secara umum” ungkapnya.

“Kita harapkan generasi muda  sebagai pelopor dapat menggunakan teknologi informatika secara baik dan jangan disalahgunakan. Karena sesuatu yang salah digunakan efeknya sangat tidak baik bagi generasi muda di masa yang akan datang

Sementara itu terkait dengan wawasan kebangsaan masyarakat HSS dirinya mengakui sudah lebih baik tingkat kesadarannya, hal ini terbukti dari antusiasnya peserta PERKEPRES V mengikuti acara hingga selesai tanpa ada yang meninggalkan tempat. (*/ari-hss)

Check Also

Jalan dan Jembatan Desa Murung Ilung Rusak, Dinas PUPR dan DPRD Balangan Tinjau Lokasi

PARINGIN, SuaraBorneo.com – Sebagai tindak lanjut keluhan masyarakat terkait rusaknya jalan dan jembatan yang terletak …