Banjarbaru Urutan Kedua Tertinggi, Targetkan Adipura Kencana di Tahun Mendatang

BANJARBARU – Penghargaan Piala Adipura tahun 2018 untuk Kota Banjarbaru yang merupakan penghargaan bagi kota yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaannya ini tiba di Kota Idaman pada Selasa (15/1).
Penyambutan piala yang sudah empat kali berturut-turut diraih Banjarbaru ini.

Penyambutan piala Adipura digelar pawai menjelang siang. Seiring tibanya piala Adipura di Bandara Syamsudin Noor pukul 10.00 Wita.

Penjemputan rombongan Walikota Nadjmi Adhani yang membawa Piala Adipura dari Jakarta di ruangan VVIP Bandara. Walikota Nadjmi Adhani didampingi Wakil Walikota Darmawan Jaya dan Ketua Tim-PKK Ririen Nadjmi Adhani, menyerahkan piala Adipura kepada Ketua DPRD Banjarbaru

H.AR.Iwansyah yang Kemudian diserahkan lagi kepada Pasukan Kuning untuk diarak keliling Kota Banjarbaru. Dengan jalur dari Bandara dan finis di Balaikota Banjarbaru.

Setidaknya lebih dari seratus Pasukan kuning yang dilibatkan. Beberapa dari mereka akan memegang piala selama pawai di atas mobil pikup dengan iring-iringan mobil Forkopimda, SKPD dan unsur lainnya.

Selain pasukan kuning, juga ada hampir 300 pasukan kebersihan lainnya, seperti Pasukan Hijau, Pasukan Merah dan Pasukan Hitam sebagai ujung tombak kebersihan kota ini sehingga bisa kembali meraih piala Adipura.

Di sepanjang jalur yang dilewati konvoi, tidak hanya masyarakat, bahkan ratusan pelajar SD yang menunggu di pinggir jalan A. Yani Kelurahan Guntung Manggis dan Ratusan pelajar SDN Guntung Payung berdiri bersiap menyambut rombongan konvoi dengan bendera merah putih yang dikibar-kibarkan dan teriakan yel-yel “Banjarbaru Bisa- Banjarbaru Bisa”.

Sekitar 400 an siswa yang menyambut. Dari kelas 2 hingga kelas 6. Mereka antusias sekali menyambut konvoi Piala Adipura.

Rute konvoi sengaja memutar di bundaran Liang Anggang dan finish di Balai Kota. Arak-arakan Piala Adipura itu pun disambut para pelajar di sepanjang rute yang dilalui.

Setibanya konvoi Piala Adipura yang berakhir di depan Balai kota Banjarbaru. Ketua DPRD kota Banjarbaru menyerahkan Piala Adipura Kepada Walikota Nadjmi Adhani yang disambut oleh Kepala SKPD, serta camat dan lurah se-Kota Banjarbaru.

Nadjmi Adhani dalam sambutannya, sangat bersyukur atas kembali mendapatkan Piala Adipura untuk Kota Banjarbaru. “Ini menjadi bukti bahwa buah kerjasama pemko dengan stakeholder dan lapisan masyarakat berhasil. Inilah hasil jerih payah, meski untuk kategori yang ingin dicapai adalah Piala Adipura Kencana, namun memperolehnya adalah Surabaya. Tetap saja berbangga karena ini bagian dari pencapaian,” ucapnya.

Diacara selamatan di Pool Armada Sungai Besar bersama petugas persampahan dan kebersihan lainnya.
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Banjarbaru Sirajoni langsung menyatakan kebanggaannya. Jika ditotal, peraihan Piala Adipura tahun ini merupakan kali ke delapan yang didapatkan berturut-turut sejak tahun 2015 lalu.

“Tahun ini nilainya bagus dan menjadi urutan kedua tertinggi. Tentu kami dari pemerintah mengharapkan pula bersama masyarakat Banjarbaru terus giat, baik pembersihan, penataan kotanya, serta pembenahan yang lebih terspesifik serta tematik. Ini penting sekali untuk peningkatan kualitas lingkungan hidup di Banjarbaru,” katanya.

Ditambahkan Sirajoni pula, bahwa tak muluk-muluk, ia beserta tim memastikan akan ada target tahun depan untuk kembali memeroleh penghargaan yang lebih tinggi lagi, yakni Adipura Kencana. Maka dari itu, ia ingin selalu ada perbaikan tak hanya dari sektor kebersihan saja, tetapi juga penataan dan peran serta masyarakat dalam memperoleh penghargaan Adipura Kencana di tahun mendatang. (hrs-bjb)

178 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Check Also

Diduga Bawa Inek, Warga Muara Dadahup Ditangkap Polisi

  KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Misransyah alias Utuh Feri (36) diamankan polisi diduga membawa inek …