SDN 006 Bukit Pelangi Dorong Konsep Sekolah Percontohan Melalui Bercocok Tanam Kebun Kelas

Kepsek SDN 006 Bukit Pelangi Sangatta  Kabupaten  Kutai Timur Sukarmi bersama para guru berfoto didepan hasil kebun kelas

SuaraBorneo.com, KUTAI TIMUR – Belum lama menjabat sebagai Kepala Sekolah Dasar  Negeri 006 Sangatta Utara Sukarmi, S.pd turut menata lingkungan SD yang ia pimpin nya.

Untuk itu awak media Suara Borneo Com pada Rabu (23/1) 2019 sowan ke ruang SDN 006 sekaligus mewawancarai terkait program penataan lingkungan  di SD -nya tersebut.

Sukarmi menjelaskan bahwasanya bekerjasama dengan komite sekolah dan orang tua murid melakukan  pemanfaatan lahan kosong di sekitar areal sekolahan.

“Saya bersama para murid dibimbing guru baru saja menyelesaikan tanaman kelas,” terang Sukarmi dengan ramah diruang kerjanya.

Sukarmi mengungkapkan jenis tanaman kelas meliputi tanaman sayuran diantaranya tomat dan cabe.”Hasilnya juga kami pasarkan untuk mengisi kas kelas,” urai Kepsek SDN 006.

Selain itu SDN 006 juga merancang kebun sekolahan dengan luasan lahan 1 1/2 hektar. ” Kalau yang sudah ada kan kebun kelas, nah yang baru akan digarap kebun sekolahan lebih luas lagi bisa bercocok tanaman sayuran juga buah-buahan,” tegas Sukarmi.

Sukarmi mengatakan progress pengharapan lahan kebun sekolahan pihak sekolah turut dibantu dengan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Sangatta, Kabupaten Kutai Timur.”Memang sebelumnya kami telah mengajukan proposal kepada PU dan Insya Allah akan difasilitasi,” imbuh nya.

Melalui ekstrakurikuler program bercocok tanam, baik kepsek, para guru dan komite sekolah ingin menanamkan budaya cinta lingkungan hijau dengan mengedepankan ke asrian di halaman sekolahan. Selain itu dengan adanya kebun kelas dapat dijadikan sekolahan percontohan jika nantinya dapat terus berjalan secara berkesinambungan. (ra-sb)

Check Also

Dukung PKN Revolusi Mental 2019, Bank Kalsel Beri Bantuan Calon Debitur KUR Sektor Peternakan

MARTAPURA, SuaraBorneo – Sebagai tuan rumah Pekan Kerja Nyata Revolusi Mental Tahun 2019, berbagai rangkaian …