Wow Malaysia Juga Terpapar DBD

Ket foto: Plt Dirut RSUD Dr. Sumarno Sosroadmojo Kapuas, dr. Agus Waluyo, MM

KUALA KAPUAS –¬†Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) tidak hanya terjadi di Indonesia. Malaysia negara tetangga juga dilaporkan terpapar DBD.

“Iya memang benar menurut cerita teman yang datang dari Malaysia,”kata Plt Direktur RSUD Dr. Sumarno Sosroadmojo Kapuas, dr. Agus Waluyo, MM Rabu (23/1/2019).

Menurutnya, secara umum Kabupaten Kapuas sebelumnya memang dinyatakan Kejadian Luar Biasa (KLB) medio Nopember 2018.

Namun, kemudian bulan Desember 2018 status KLB ketika itu dicabut, karena kasusnya terjadi penurunan.

Dikatakannya, memasuki bulan Januari 2019 kembali signifikan terkait kasus DBD yang jumlah pasiennya melonjak cukup lumayan. Hanya saja sedikit demi kini berkurang.

Ketika, ditanya soal berapa jumlah pasien, ia mengatakan, kalau datanya sudah dilaporkan kepada Dinas Kesehatan.

Agus menghimbau, kepada masyarakat jika merasa ada gejala sakit segera dibawa ke rumah sakit dan memperhatikan kebersihan lingkungan.

Ket foto : Kadinkes Kab. Kapuas Apendi SKM, MM

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, Apendi, SKM, MM mengatakan, hal sama jika Malaysia juga terpapar DBD.

Dijelaskannya, mengatasi persoalan kasus DBD, pemerintah sejauh ini telah berupaya keras memberantas DBD melalui program pemberantasan sarang nyamuk.

“Cara efektif dengan mengubur, menguras , menutup (3M). Sedangkan, fogging (pengasapan) tidak efektif karena dianggap tidak mampu membunuh sarang dan jentik nyamuk. Sehingga , terus berkembang biak,”jelasnya.

Karena itulah, dalam hal ini, tambahnya, sebagai upaya pencegahan dan diperhatikan masyarakat menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari bahaya DBD. (Ujg – SB).

187 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Check Also

Diduga Bawa Inek, Warga Muara Dadahup Ditangkap Polisi

  KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Misransyah alias Utuh Feri (36) diamankan polisi diduga membawa inek …