Tim Sergap MABESAD Pantau Pertanian di Wilayah Kodim 1003/Kandangan

KANDANGAN – Kegiatan Rapat Koordinasi Tim Sergap (Serapan Gabah) MABESAD bersama petani dan melaksanakan Pengawasan dan Peninjauan Pelaksanaan Kegiatan Sergap dan monitoring kegiatan Sergap Pendamping Upsus Swasembada Pangan Kodim 1003/Kandangan TA. 2019 yang dipimpin Kolonel Inf Firmansyah bertempat di Ruang Data Makodim 1003/Kdg Jl. A. Yani Kandangan Kota Kec. Kandangan Kab. HSS dengan disambut langsung oleh Dandim 1003/Kandangan Letkol Inf Suhardi Aji Sriwijayanto, SE beserta para Perwira Staf dan Danramil, Kamis (24/1/2019) pkl. 08.30 wita berlangsung

Rombongan Tim Sergap MABESAD, Kolonel Inf Firmansyah (Ketua Tim), Kolonel Kav Dikdik Setiadi (anggota), Kolonel Inf Agus Widodo, S.IP (anggota), dan Pendamping Korem 101/Antasari, Kapten Inf Santoso, Serka Arif Saifullah, Serda Supriyanto.

Dengan dihadiri, Dandim 1003/Kandangan Letkol Inf Suhardi Aji Sriwijayanto, SE, Kadistan Kab HSS diwakili Lutfiana SP, Kadis Hanpangan HSS M Saifullah SP, Kasub Divre Bulog Barabai ; Bapak Rahmadi, Pasi Ter Dim 1003/Kdg Kapten Inf Hariyadi Suprapto, Para Danramil dan perwakilan Babinsa, Kapolsek Padang Batung Iptu Imam Suryana dan Kapolsek Kandangan Iptu Yaya Supriyadi, Kabid Pengolahan dan Pemasaran Hasil Distan Joni Anwar S.Hut, Mitra Bulog/Penggilingan Padi di Kab. HSS, Perwakilan Poktan se Kab. HSS.

Dandim 1003/Kandangan Letkol Inf Suhardi Aji Sriwijayanto, mengatakan, “Menyampaikan ucapan selamat datang kpd Katim beserta rombongan, terima kasih kepada seluruh tamu undangan yang sudah bisa berhadir dalam acara ini dan penyampaian ucapan terimakasih dari pemerintah melalui kementrian pertanian atas pelaksanaan program Sergab sudah berjalan dengan baik,” ujarnya.

Di wilayah Kandangan banyak potensi yang sangat luar biasa dan ada 11 titik penggilingan padi di wilayah Kab. HSS dan  saya minta para Danramil,babinsa berperan aktif serta terus bersinergitas dg pihak distan , hanpang, gapoktan Perusahaan Penggilingan padi dan bermitra dg bulog untuk melaks Pendampingan, pencatatan, pendataan, penggiriman dan Pelaporan pada  program Sergap ini.

Kita bentuk  team work dan Komitmen bersama dlm satgas sergap di hss agar target tercapai  sesuai dr harapan dr Komando atas

Pada kesempatan Kasub Divre Bulog Barabai Bapak Rahmadi, mengatakan, “Ucapan terimakasih kepada rekan kami yaitu para Babinsa yang bekerjasama dengan sehingga mendapatkan apresiasi dari pimpinan pusat,” katanya.

Puncak tanam kemarin kita kerjakan pada bulan Desember, dari hasil panen tersebut para petani mengeluhkan tentang harga yang kurang memadai dengan tanam dan perawatan yang sangat cukup mahal.

Ucapan terimakasih kepada Dandim 1003/Kdg dimana yg telah aktif di bidang pertanian yg sangat membantu peningkatan pertanian di Kab. HSS.

Permasalahan di wilayah kita adalah masalah harga yg belum bisa sesuai dengan keinginan masyarakat, sehingga untuk menyerap gabah sangat kurang karna masyarakat banyak yg menjual ke tengkulak atau pengepul.

Mudahan di tahun 2019 nanti penyerapan gabah di wilayah Kab. HSS akan lebih baik lagi dan harga bisa lebih baik supaya masyarakat mau menjual gabah ke Bulog, sehingga penyerapan gabah lebik baik dari tahun sebelumnya.

Arahan Ketua Tim Sergap MABESAD Kolonel Inf Firmansyah mengatakan, Kegiatan Kunjungan ini adalah dalam rangka pengecekan secara nyata di lapangan tentang program sergap yang telah dicanangkan komando atas apakah sudah berjalan dan hambatan apa yang di hadapi di lapangan.

Pendampingan kepada petani serta bekerja sama dengan bulog agar penyerapan gabah petani lebih maksimal dalam rangka menciptakan kesejahteraan petani dan swasembada pangan.

Kemudian selesai acara tersebut  kegiatan dilanjutkan dengan meninjau tempat Penggilingan Padi milik H. Sarawani ds. Bamban Utara RT 4/2 Kec. Angkinang pukul 11.00 wita sampai 11.20 wita dan tim sergab selanjutnya langsung menuju ke Kodim 1010/ Rantau Kab. Tapin

Kunjungan Tim Sergap (Serapan Gabah) dari MABESAD TA. 2019 di Kab. HSS bertujuan untuk melaksanakan Pengawasan dan Peninjauan pelaksanaan penyerapan gabah yang diterima Bulog dengan cara melakukan terjun langsung kewilayah agar diperoleh data yang akurat maupun kendala yang dihadapi di lapangan untuk dijadikan bahan evaluasi guna mencari solusi untuk meningkatkan kualitas maupun kuantitas dalam upaya penyerapan gabah oleh Bulog.

Kegiatan peninjauan dan monitoring oleh Tim Sergap MABESAD ini perlu sebagai sarana komunikasi maupun diskusi  dengan petani untuk mendengarkan aspirasi dan kendala yg ada sehingga Tim Sergap nantinya dapat menyampaikan kpd pemerintah terutama perbedaan selisih harga Bulog yang masih jauh lebih rendah dari harga pasar sehingga bisa dicari solusinya agar target penyerapan gabah oleh Bulog dapat tercapai sesuai target yang diinginkan dalam mewujudkan kedaulatan pangan. (*/ad-sb)

247 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Check Also

Diduga Bawa Inek, Warga Muara Dadahup Ditangkap Polisi

  KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Misransyah alias Utuh Feri (36) diamankan polisi diduga membawa inek …