Keberadaan Pusaka Penting Dilestarikan

BANJARMASIN, SuaraBorneo – Keberadaan benda-benda pusaka peninggalan sejarah penting dilestarikan sehingga, semua orang bisa mengetahui sejarahnya.

Adalah, pameran Wasaka Wasi Komunitas Pusaka Banua diketuai H. Ardi diikuti sedikitnya 20 orang di Menara Pandang Rumah Ano Kalimantan Selatan (Kalsel) Jum”at (25/1/2019).

Kegiatan, pameran tanggal 25 – 27 Januari 2019 dari pukul 15.00 s/d 23.00 Wita dalam rangka mensosialisasikan tentang keberadaan pusaka yang ada di Kalsel.

“Tujuannya untuk menjaga kelestarian budaya dan sejarah khususnya senjata kuno masyarakat asli Kalimatan Selatan,” kata Danramil 1007-01/BJM Mayor Inf Gatot Teguh Waluyo.

Dikatakan, setidaknya dengan adanya pameran ini pihaknya mengajak seluruh lapisan masyarakat terutama generasi muda tidak melupakan sejarah,” terangnya.

Sebab, menurutnya, hal tersebut sangatlah mahal dan merupakan jati diri masyarakat Kalsel.

“Untuk itu, giat ini nantinya akan diteruskan pada saat HUT Kodim,” katanya lagi.

Lebih lanjut dikatakan, Komunitas Wasaka ini melaksanakan pameran dengan swadaya sendiri.

“Karenanya kami berharap Pemerintah Kota Banjarmasin dan Provinsi Kalsel bisa membantu serta memfasilitasi secara maksimal seperti halnya museum,” harapnya seraya menjelaskan, masyarakat setiap saat bisa melihat dan menceritakan kepada anak cucu mereka.

Lebih dari itu, tambahnya, terpenting kita bisa menghargai sejarah. “Jangan sampai nanti diklaim oleh pihak luar bahwa pusaka-pusaka tersebut milik orang luar,”pungkasnya. (*/ujg-sb) 

Check Also

Diduga Bawa Inek, Warga Muara Dadahup Ditangkap Polisi

  KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Misransyah alias Utuh Feri (36) diamankan polisi diduga membawa inek …