SDN 003 Cegah TB Melalui Sosialisasi Bersama PMO

SDN 003 Sangatta Utara bekerja sama dengan kader PMO rutin sosialisasi terkait pencegahan dan penyembuhan Tuberkulosis dikalangan murid.

SuaraBorneo.com, KUTAI TIMUR –Waspada Tuberkulosis, maka Kepala Sekolah Dasar Negeri 003 Sangatta Selatan bekerja sama dengan
Kader Pendamping Makan Obat (PMO) Kelurahan Teluk Lingga Sangatta Utara turut melakukan sosialisasi kepada  188 siswa kelas V dan VI.

Program sosialisasi Tuberkulosis dibenarkan  dan dipertegas langsung oleh Kepala Sekolah Dasar Negeri  Yakobus Pati. ” Kami pihak sekolah gencar terus bersosialisasi dengan harapan agar para anak-anak disekolahan kami sangat memahami apa itu TB? Dan bagaimana mengenali gejalanya, penularan dan pencegahannnya,” urainya.

Melalui pemahaman tersebut dengan melibatkan peran aktif kader PMO, maka dapat lebih memahami akan bahaya dampak penyakit tersebut bagi kesehatan para murid. “Terlebih Tuberculosis merupakan penyakit menular dengan adanya pembekalan melalui sosialisasi setidaknya akan ada upaya pencegahan dan pengobatan secara dini, apabila memang didapati gejala penyakit tersebut,” terang Yakobus kepada media Suara Borneo Kutim.

Selain itu Yakobus mengutip juga penjelasan dari salah satu kader pendamping PMO Ety, yang mana Tuberkulosis merupakan wabah penyakit yang disebabkan oleh kuman atau Mycobacterium.

“Untuk itu semakin banyak kita mengetahui tentang informasi TB, maka setidaknya dapat menindaklanjuti baik dalam pemberantasan maupun pencegahannnya. Jika memang didapati adanya temuan penyakit TB menjangkiti dikalangan murid dapat segera melakukan koordinasi melalui konseling serta berobat melalui layanan kesehatan Puskesmas untuk penanganan awalnya,” ujar Kepsek Yakobus.

Yakobus menerangkan sosialisasi TB turut mendapatkan dukungan dari stake-holder dari Perusahaan Kaltim Prima Coal  (KPC) sebagai wujud implementasi kepedulian nya melalui Corporate Social Responsibility “CSR” dibidang kesehatan. (ra-sb)

Check Also

Kenang Jasa Pahlawan, Bank Kalsel Gelar Upacara dan Lomba HUT Kemerdekaan RI ke-74

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Sebagai puji syukur untuk mengenang jasa-jasa pahlawan, Bank Kalsel melaksanakan upacara Hari …