Sebanyak 650 Guru PAUD Se-Kutim Ikuti Program TUK

 

SuaraBorneo.com, KUTAI TIMUR – Guna meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional dan berkualitas di kalangan tenaga pengajar TK/PAUD, se-Kabupaten Kutai Timur maka pekan lalu telah dilaksanakan Tempat Uji Kompetensi (TUK) di Gedung Serba Guna (GSG) Bukit Pelangi, Sabtu (9/2/2019).

Pelatihan diberikan  kepada 650 para guru – guru PAUD se-Kutim ini berlangsung selama 2 hari. Diisi dengan pelatihan juga sosialisasi, kegiatan tersebut di buka langsung oleh Bupati Kutai Timur H Ir Ismunandar MT  didampingi  istri Wakil Ketua Dua DPRD yang juga sekaligus Bunda PAUD Kutim Ibunda Hj Encek UR Firgasih SH, juga disaksikan Kepala Dinas Pendidikan Kutim Roma Malau,perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), Camat sangatta Utara Basuni,Kasubdit Kelembagaan dan Kesetaraan Kemendikbud Drs. Maryana, M.Pd, Konsultan Pendidikan Dr. H. Asep Mahfudin, M.Pd , perwakilan PT. KPC dan para pendidik Paud se Kabupaten Kutim.

Dengan digelarnya kegiatan tersebut memberikan kebanggaan  tersendiri bagi Kabupaten Kutim sebagai daerah penyelenggara satu-satunya di Provinsi Kaltim. Hal ini berdasarkan Undang Undang Nomor 58 tahun 2018 terkait bahwa seorang guru atau pendidik harus memiliki kompetensi diantaranya karakter, profesionalisme dan mendidik.

Pada sambutannya di hadapan peserta TUK, orang nomor satu Pemkab Kutim Ismunandar menegaskan sejauh ini pemerintah pusat khususnya melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tengah berupaya memperjuangkan  agar nantinya tenaga pendidik PAUD umumnya dapat masuk dalam peraturan perundang-undangan Pendidikan.

“Melalui peraturan perundang-undangan Himpunan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) terutama menyangkut legalitas nya tentang organisasi terbentuk secara independen dan dapat tercantum atau tertuang pada UU Pendidikan. Terutama dalam peningkatan kesejahteraanya dalam mendapatkan hak-haknya seperti insentif serta setara dengan para guru – guru TK dan diakui pemerintah. Untuk itu saya selaku Bupati terus mendoakan serta memperjuangkan aspirasi para tenaga pendidik,” tegas Bupati Ismunandar.

Pada kesempatan ini Bupati Ismunandar memberikan  apresiasi positif serta sangat menghargai adanya agenda TUK agar para guru dapat bertambah bekal wawasan nya kian bersinergi dalam mendidik anak -anak dan turut mencerdaskan generasi penerus bangsa. Serta mutu pendidikan  dapat sama rata baik di wilayah perkotaan hingga merambah pelosok desa.

“Yah saya sangat bersyukur dan  berterima kasih mendalam kepada istri tercinta saya yang juga dikenal sebagai Bunda PAUD yaitu Bunda Hj Encek Firgasih terlebih beliau juga sebagai Wakil Ketua DPRD Kutim telah banyak andil melalui aspirasinya dalam mengakomodir beragam program dalam unsur masing-masing kepengurusan HIMPAUDI,” jelasnya. (ra-sb)

Check Also

Kenang Jasa Pahlawan, Bank Kalsel Gelar Upacara dan Lomba HUT Kemerdekaan RI ke-74

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Sebagai puji syukur untuk mengenang jasa-jasa pahlawan, Bank Kalsel melaksanakan upacara Hari …