Disdik Kutim Bersama SDN 004 Sangatta Utara  Rutin Libatkan Peran Aktif Para Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Memeriahkan Momen Hari Besar Kenegaraan

Teks – FOTO : Antusias para ABK dalam memperingati puncak Hari Kartini beberapa waktu lalu antusias berlanggak-lenggok peragakan busana tradisional nusantara.

KUTAI TIMUR, SuaraBorneo – Tanpa memandang perbedaan dan keterbatasan fisik bagi para mur berkebutuhan khusus, maka Sekolah Dasar (SD) Negeri 004 Sangatta Utara bersama Dinas Pendidikan  dan Kebudayaan Kutai Timur turut menggandeng para pelajar yang terdiri dari Anak-anak yang Berkebutuhan Khusus (ABK)

Hal ini dipertegas oleh salah satu guru Kurikulum SDN 004 Sangatta Utara Norhayati,  dirinya mengatakan dalam setiap puncak momen peringatan pendidikan, hari Kartini termasuk HUT Kemerdekaan Republik Indonesia  pihak sekolah mengandeng  “Kami pernah melibatkan peran serta para murid berkebutuhan khusus melalui sekolah inklusi di Kabupaten Kutai Timur, mereka kita ajak turut menyukseskan beragam kegiatan festival seperti karnaval baik setiap dalam agenda hari-hari besar kenegaraan,” terangnya saat diwawancarai media Suara Borneo diruang guru pada Rabu (13/02) 2019.

Dirinya mengungkapkan seperti halnya pada puncak hari Kartini para anak berkebutuhan khusus di libatkan dalam memeriahkan event karnaval budaya. “Sebanyak 900 anak diajak mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia dan berjalan mengitari area sekolah,” jelas Norhayati.

Norhayati mengungkapkan selama berlangsungnya karnaval para ABK turut berbaur dengan para murid SDN 004 Sangatta Utara. “Walau mereka berkebutuhan khusus akan tetapi Kesetaraan dan persamaan antara anak-anak yang memiliki kesempurnaan fisik tidak dipandang sebelah mata. Karena mereka semua adalah generasi penerus bangsa yang juga memiliki hak sama dalam mengenyam pendidikan,” bebernya.

Sementara adanya kerja sama SDN 004 Sangatta Utara  dalam menjalin kebersamaan dengan para ABK dibenarkan  oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  Kutai Timur Roma Malau.

“Disaat kebersamaan para murid SDN 004 Sangatta Utara  dengan para anak yang berkebutuhan  khusus memberikan rasa keharuan bercampur kebanggaan bagi saya pribadi secara mendalam, artinya mereka ada diantara kita serta mampu mengentaskan masa pendidikan. Jangan Salah anak yang terlahir dengan mental berkebutuhan khusus terbilang cerdas daya tangkap nya “IQ” sehingga banyak yang berprestasi,” urai Kadisdik Kutim.

“Dalam hal ini Dinas Pendidikan terus  mendukung segala kegiatan yang berkaitan dengan kelas luar biasa. Satu di antaranya dengan mengundang perwakilan ABK untuk mengisi acara pada peringatan Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei mendatang,” tutup  Roma. (aji/sb-rb)

Check Also

Peduli, Relawan PKS Kalteng Ikut Padamkan Kebakaran Lahan

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo – Kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) yang terjadi beberapa bulan terakhir, tidak …