Siang Geah Soroti Tingginya Angka Pengidap HIV/Aids

Siang Geah anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kutai Timur Komisi D.

SuaraBorneo.com, KUTAI TIMUR – Tingginya angka pengidap HIV/Aids di Kecamatan Muara Wahau dan sekitarnya menjadi sorotan Siang Geah anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kutai Timur Komisi D.

“Saya menyoroti karena persoalan HIV/Aids ini sangat tinggi di Muara Wahau” kata Siang Geah diruang kerjanya, Rabu,14/02/2019.

Menurut Siang Geah tingginya angka penderita HIV/Aids ini harus menjadi perhatian serius pemerintah, mulai dari Kepala Desa, Camat dan Dinas Kesehatan termasuk unsur Kepolisian agar bersama-sama mencari solusi jalan dan keluar yang terbaik.
Siang Geah adalah anggota DPRD pertama dari Suku Dayak Wehea mengatakan salah satu solusi yang harus dilakukan adalah dengan menertibkan tempat-tempat hiburan malam.

“Saya setuju kalau tempat hiburan malam ditutup, tetapi dapat memberikan solusi juga. Kalau ditutup tidak ada solusinya maka akan liar lagi ke tempat lain seperti di hotel-hotel Penginapan dan kos-kosan” jelas Siang Geah anggota Komisi D DPRD Kutim ini.

Kalau mereka ini liar ke hotel-hotel akan menimbulkan maslaah baru, seperti yang terjadi di lokalisasi-lokalisasi daerah lain. Ditutup tapi penghuninya masuk ke hotel-hotel, penginapan dan kost-kosan diluar, hal tersebut tidak menyelesaikan masalah. Justru yang yang harus dilakukan adalah melakukan pembinaan-pembinaan melalui OPD terkait.

Jujur saja masyarakat disana sudah resah dengan maraknya tempat hiburan malam seperti warung remang-remang. Sebelumnya sudah pernah diberikan surat teguran untuk ditutup namun mereke buka kembali. Jadi mungkin akan lebih cocok kalau misalnya disiapkan dilokasi tertentu sehingga bisa dilakukan pemeriksaan secara rutin oleh tim dmedis HIV/Aids.

“Kondisi ini perlu ada aksi cepat dengan terlebih dahulu melakukan komunikasi dengan pemilik dan pengelola tempat hiburan malam. Daftar nama yang terjangkit penyakit berdasarkan data statistik oleh medis harus ditangani secara secara serius agar tidak menular kemana-mana khususnya bagi kalangan yang sudah berkeluarga mau yang belum. Kemudian yang terpenting sering mengadakan sosialisasi ke masyarakat terkait dampak dan penyebab Virus HIV/Aids,” katanya. (*/ra-sb)

Check Also

Bank Kalsel Syariah Gelar Sharia Banking Network Event 2019

BANJARMASIN, SuaraBorneo – Tanggal 26 – 27 Oktober 2019 bingung mau kemana?? Jangan bingung dulu, …