Kapolda Kalsel: Anggota Wajib Cek Kesehatan Terutama Penyakit Jantung dan Metabolik

BANJARMASIN, SuaraBorneo – Berdasarkan berbagai studi, didapati bahwa polisi rentan terkena penyakit jantung, ginjal, dan penyakit-penyakit yang merupakan faktor risiko dari penyakit jantung dan Metabolik lainnya.

Tidak hanya berisiko lebih tinggi untuk terkena penyakit, polisi pun didapati memiliki risiko kematian yang lebih tinggi akibat penyakit tersebut.

Pasalnya, Polisi adalah salah satu profesi yang memiliki tingkat stres yang tinggi. Ambil contoh Polisi reserse yang berjibaku dengan tugas. Mereka setiap hari berhadapan dengan berbagai tindak kejahatan yang tentunya dapat meningkatkan level stres yang dialami.

Oleh sebab itu, Kapolda Kalimantan Selatan, Irjen Pol Yazid Fanani meminta setiap anggota polri wajib peduli dengan kesehatannya masing-masing agar bisa menunjang kinerja dalam melaksanakan tugas.

“Setiap anggota polisi harus melakukan pemeriksaan kesehatan berkala untuk deteksi dini terhadap penyakit yang mungkin diderita,” ujarnya.

Irjen Pol Yazid Fanani saat membuka giat penyuluhan Penyakit Jantung dan Penyakit Metabolik melalui deteksi dini dan pola hidup sehat Bagi Anggota Polri serta ASN Polri Polda Kalsel, Jumat kemarin (15/2).

Sementara itu, Paurposdik Bidokkes Polda Kalsel Iptu Supriadi Noor
menjelaskan setiap tahunnya ada pemeriksaan berkala bagi masing-masing anggota Polri untuk deteksi dini tanda-tanda penyakit yang muncul
sehingga bisa segera diobati.

“Jangan sampai kronis dulu, baru ketahuan. Sudah ada programnya, Polri
menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan berkala (rikkesla) bagi
anggotanya sekali dalam setahun yang dilakukan oleh tim medis Biddokkes,” tutur Iptu Supriadi Noor.

Penyuluhan Penyakit Jantung dan Penyakit Metabolik yang diprakarsai
oleh Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polda Kalsel itu turut menghadirkan 3 narasumber dari berbagai disiplin ilmu kesehatan. Mereka adalah Dr.dr. esaAdiputro, Sp. JP. FIHA (K), Oldy Dedya, Sp. PD dan Mahdalena M. Kes.

Acara yang digelar di Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri Polda Kalsel turut dihadiri Irwasda Polda Kalsel, PJU Polda Kalsel, Bhayangkari Pengurus Daerah Kalsel dan ratusan anggota Polda Kalsel lainnya. (*/ad-sb) 

Check Also

Berikan Layanan Syariah, Bank Kalsel Resmikan KFS di Jakarta

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Pembukaan Kantor Fungsional Syariah (KFS) Jakarta. KFS salah satu jaringan kantor Bank …