Bangunan Sudah Tak Laik, Kecamatan Bengalon Butuh Puskesmas Baru

Arfan SE. (Ist)

SuaraBorneo.com, KUTAI TIMUR – Pembangunan Puskesmas menjadi usulan paling alot di bahas dalam Musrembang tingkat Kecamatan yang dilaksanakan di Desa Sepaso, Bengalon, Kutai Timur.
Itulah yang diungkapkan oleh Arfan SE, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutim asal Dapil II (Bengalon, Sangatta Selatan, Rantau Pulung dan Teluk Pandan) saat di temui awak media belum lama ini.
“Saat Musrembang, di Kecamatan Bengalon pembahasan masalah pembangunan Puskesmas Sepaso berjalan alot. Kalau daerah lain relatif saja sesuai kebutuhan, seperti Pembangunan jalan, jembatan . Namun Usulan Puskesmas ini sangat di butuhkan masyarakat Kecamatan Bengalon.”ungkap Arfan.
Menurut salah satu Politisi senior ini, Puskesmas yang ada saat ini sudah tak laik digunakan, sehingga masyarakat menginginkan adanya pembangunan Puskesmas baru. Apalagi puskesman Bengalon sudah terakreditasi.
”Dinas Kesehatan (Kutim) juga menyampaikan, Bengalon seharusnya sudah dibangun Puskesma Seposo, Namun dialihkan ke Teluk Lingga karena lokasinya tidak ada,”ungkapnya.
Arfan mengungkapkan jika lokasi pembangunan puskesmas sendiri sudah ada, tinggal masalah administrasi yang harus disiapkan oleh pihak Kecamatan.”Kalau lokasi sudah ada, tepatnya di eks Prodesa. Tahun depan bisa memulai pembangunanya,”katanya.
Selanjutnya Ia menambahkan, pembangunan puskesmas baru tersebut sangat diimpikan oleh masyarakat di Bengalon, Pasalnya, bangunan puskesmas lama yang terletak dekat dengan kantor kecamatan, terdapat beberapa bagian bagunan sudah rusak.
”Kalau pandangan saya pribadi bangunan pusksemas yang ada sudah tidak layak untuk digunakan. Kalau nanti dibangun yang baru, harus permanen dan fasiltasnya memadai dan bisa melayani 24 Jam non stop. Selain itu disiapkan juga doker Ahli minimal 1 orang,”ungkapnya
Dikatakan, pihaknya, juga telah memperjuang kan ini sejak  2 tahun lalu, Namun terkendala masalah lahan, Ketua Komisi A DPRD Kutim ini, menginginkan lokasi pembangunan puskesmas baru sesuai aturan rumah rumah sakit atau Puskesmas.
“Saya berharap tahun depan Puskesmas sudah terbangun, Apalagi ini sudah berapa tahun saya suarakan, karena ini usulan masyarakat disana, Sebagai anggota DPRD Kutim, saya harus memperjuangkan ini,”pungkasnya. (ra-sb)

Check Also

Kenang Jasa Pahlawan, Bank Kalsel Gelar Upacara dan Lomba HUT Kemerdekaan RI ke-74

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Sebagai puji syukur untuk mengenang jasa-jasa pahlawan, Bank Kalsel melaksanakan upacara Hari …