Herlang : Tata Kelola Sektor Wisata Kutim Belum Maksimal

Herlang Mapatiti. (Ist)

SuaraBorneo.com, KUTAI TIMUR – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutai Timur Herlang Mapattiti, yang ditemui di ruang kerjaan menuturkan jika potensi pariwisata Kutim belum tergarap dengan baik.

Menurutnya, pariwisata di Kutim sangat banyak dan belum mendapat perhatian penuh dari pemerintah daerah (Pemda), berbeda dengan daerah daerah lain di kalimantan timur yang sudah mulai menata dan mengoptimalkan potensi wisata di daerahnya.

“Tata kelola sektor wisata Kutim belum maksimal. Berkaca pada daerah Bontang yang sudah bisa memaksimalkan potensi wisata di daerahnya. Bahkan pemerintah pusat pun memberi bantuan dari anggaran nasional hanya untuk pengembangan daerah pariwisata disana. Tentu saja hal itu karena pemerintah daerahnya serius mengoptimalkan potensi wisata daerah yang dimilikinya,” terangnya.

Dijelaskan Herlang, Kutim sendiri mempunyai banyak sekali wahana destinasi pariwisata dan tak kalah menarik dari daerah lain di Kalimantan Timur. Bahkan Kutim sendiri mempunyai primata berupa satwa asli Kalimantan yang dapat dijadikan ikon pariwisata, yaitu Bekantan. Primata asli Kalimantan ini sendiri, ditemukan menghuni kawasan Pulau Tanjung Prancis, kawasan wisata yang selama ini diperjuangkannya untuk masuk menjadi salah satu ikon pariwisata Kutai Timur.

“Hanya butuh keseriusan pemerintah dalam pengelolaan dan juga pengembangan potensi wisata di Kutai Timur. Jika dikelola serius oleh pemerintah daerah, nantinya bisa akan berimbas pada potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD),” jelasnya. (*/cik/ra-sb)

Check Also

Kenang Jasa Pahlawan, Bank Kalsel Gelar Upacara dan Lomba HUT Kemerdekaan RI ke-74

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Sebagai puji syukur untuk mengenang jasa-jasa pahlawan, Bank Kalsel melaksanakan upacara Hari …