KPN Guru Jadi Koperasi Memiliki Visi dan Misi Jauh Kedepan

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Eksistensi Koperasi Pegawai Negeri (KPN) untuk guru-guru di Kota Banjarmasin tak perlu diragukan lagi.
Dari ratusan koperasi yang ada di kota berjuluk seribu sungai, KPN ini selain dinilai bagus, juga dianggap dapat mengembangkan usahannya hingga mampu mengibarkan benderanya hampir 50 tahun lamanya.

Meski begitu, di tahun 2018 lalu, dinas koperasi terpaksa turun tangan membubarkan sekira 220 koperasi yang ada di kota ini. Hal tersebut lantaran, koperasi-koperasi tersebut dinilai rasio modal, kemudian jumlah anggota, serta keuntungan tidak mengalami peningkatan.

Makanya, dalam kegiatan Pembukaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2018, Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina berharap kehadiran KPN untuk guru-guru di Kota Banjarmasin ini ke depannya tidak hanya menjadi sarana usaha simpan pinjam saja, namun hendaknya dapat lebih ditingkatkan menjadi koperasi yang memiliki visi dan misi jauh ke depan, dengan melakukan terobosan-terobosan dan ekspansi usaha, sehingga setiap peluang bisnis yang ada dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin,” ujarnya, saat menyampaikan sambutannya, Sabtu (23/02).

KPN guru-guru ini saat ini memang sudah terlihat berkembang baik dan telah banyak memberikan manfaat, serta membantu perbaikan kesejahteraan para anggotanya.

Namun begitu, agar para pengurus dan anggotanya jangan terlena dengan keberhasilan yang telah mereka dapatkan. Mereka harus memiliki terobosan lebih inovatif lagi untuk menambah kepercayaan para anggotanya.

“Kondisi ini hendaknya terus dipertahankan, sehingga akan menambah kepercayaan para anggota, dan dapat menjadi contoh bagi koperasi – koperasi lainnya,”katanya.

Memang, akunya, di kota ini masih ditemukan koperasi yang belum berkembang sempurna. Salah satu penyebabnya adalah keterbatasan dana.
Karena itu , diperlukan komitmen dari seluruh stakeholder dan pemangku kepentingan untuk membantu pengembangan koperasi di daerah ini.

Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2018 lingkup Kota Banjarmasin itu, dilaksanakan serentak di tiga wilayah berbeda yakni, KPN Wilayah Kecamatan Banjarmasin Selatan, KPN Wilayah Kecamatan Banjarmasin Tengah, dan KPN Wilayah Kecamatan Banjarmasin Utara.

Dalam kesempatan tersebut, H Ibnu Sina juga meminta dukungan kepada para anggota koperasi untuk mendukung program Pemko Banjarmasin, terkait dengan usaha menjadikan kota ini Barasih wan Nyaman serta penanggulangan maraknya peredaran Narkoba. (h-bjm/ad)

Check Also

Korban Kebakaran Jalan Alalak Tengah Dapat Layanan Kesehatan Gratis dan Sembako

BANJARMASIN, SuaraBorneo – Pasca kebakaran, puluhan warga yang menjadi korban Pelayanan kesehatan dan pemeriksaan dokter …