Ben : Kelola Keuangan Desa Dengan Transparan

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat meminta pemerintah desa mengelola administrasi keuangan dengan transparan.

Permintaan, disampaikan orang nomor satu di Kabupaten Kapuas itu pada Pelatihan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Versi 2 di Aula Bappeda Selasa (5/3/2019).

“Kunci keberhasilan pelaksanaan pembangunan terutama di desa yang dilaksanakan selain, transparansi efektif, efisien juga pelibatan partisipasi masyarakat,” bebernya.

Kepala perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Tengah, Herman Hermawan menjelaskan, fungsi dari pembuatan aplikasi Siskeudes tujuannya memberitahukan kepada masyarakat digunakan untuk apa saja dana desa itu.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Kapuas, Yan Hendri Ale menyampaikan, pelatihan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) versi 2 ini untuk memberikan informasi, pengetahuan dan pemahaman tentang sistem pengelolaan keuangan desa versi terbaru tahun 2019.

“Ini sesuai dengan Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan desa.

Tujuannya meningkatkan kemampuan aparatur desa dalam bidang pengelolaan keuangan desa,”papar Yan Hendri Ali yang juga Kepala Bappeda Kapuas ini. (ujg/ery-SB)

Check Also

Tersenyum, 14 Orang Pesta Sabu Dituntut Ringan 7 Bulan Rehabilitasi

BANJARMASIN, SuaraBorneo – Wajar apabila ke 14 Orang terdakwa yang tengah berpesta sabu di gang …