Ketika Mortil Akan Diledakan, Ini Yang Lakukan Kodim 0909 Sangatta

SuaraBorneo.com, KUTAI TIMUR – Heboh penemuan Mortir yang diperkirakan berdiameter bawah 90 cm, ujung atas 45 cm, panjang 180 cm ini ditemukan Handoko (38) warga sekitar Perumnas Joko Widodo Kanal 3 Jl. Awh Syahrani, Sangatta Utara, pada beberapa waktu yang lalu. Membuat jajaran Kodim 0909 Sangatta melakukan koordinasi dengan tim ahli dari Kodam VI Mulawarman.

Skenario pemindahan dan peledakan terus dimatangkan, Kodim 0909 Sangatta aktif dalam menanggapi adanya temuan tersebut. Tak sampai disitu, pihaknya pun intens berkomunikasi dengan pihak Paldam. Hal itu terbukti dengan adanya tinjau beberapa kali tinjauan dari pihak Kodam VI Mulawarman.

Adapun semua dilakukan, untuk meminimalisir resiko dari dampak yang dapat terjadi akibat kecelakaan ledakan mortir aktif tersebut. Peninjauan tempat di temukan 1 buah munisi jenis Bom ini pun dilakukan kembali. Seperti yang terlihat pada Senin kemarin (4/3/2019).

Kunjungan tersebut melibatkan Danden Pal Letkol Cpl Fiari, Pasilog kodim Kapten Inf. Subarja, PLh Dansubdenpom Sangata Letda Cpm Salmon Paramma, Tim Paldam VI/Mlw Pelda Zulnadi, Kopda Susilo dan Praka Puji.

Mortir Peninggalan Perang Dunia Ke II yang ditemukan warga di Kanal 3 Perumahan Nasional, Jalan AW. Syahrani, Desa Sangatta Utara, Kecamatan Sangatta Utara itu nantinya akan diledakkan pada tempat bekas galian tambang di Exs PT Damanka.

Dijelaskan oleh Dandim 0909 Sangatta, dalam hal ini tim telah melakukan peninjauan di lokasi rencana peledakan Bom di Exs PT Damanka Jalan Poros Sangata Bengalon RT 29 Desa Singa Gembara, Kutim.

Skenario khusus pun telah disiapkan untuk peledakan. Pada saat peledakan nanti, Dandim Kamil -sapaan akrab- berharap, pada saat proses peledakan dapat berjalan aman dan lancar. Tentunya, saat peledakan akan melibatkan tim ahli ledak yang handal.

“Mortir dengan daya ledak mencapai radius 2 Km tersebut rencananya minggu depan akan diledakkan, Kamis (14/3/2019). Untuk itu tim telah melakukan koordinasi dengan tokoh masyarakat sekitar, guna menyampaikan tentang adanya rencana peledakan bom tersebut. jelas Dandim 0909 Sangatta, Letkol Inf. Kamil Bahren Pasha. (*/ra-sb)

Check Also

Danrem 091/ASN Pimpin Sertijab 14 Pejabat TNI Kaltim dan Kaltara

Suaraborneo.com, SAMARINDA – Danrem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) Brigjen Widi Prasetijono memimpin langsung acara serah …