Percantik Keasrian Lingkungan, SMPN 04 Sangatta Budidaya Sayuran Selada Melalui Tekhnik Menanam Hydroponik

Lingkungan SMPN 04 Sangatta Utara Budidayakan tanaman hydroponik jenis sayuran selada. FOTO : Aji).

SuaraBorneo.com, KUTAI TIMUR  – Lingkungan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 04 Kecamatan Sangatta Utara, Kabupaten Kutai Timur turut mencanangkan metode bercocok tanaman sayur mayur.

Hal ini pula yang diutarakan oleh salah satu tenaga pengajar di SMPN 04 Kecamatan Sangatta Utara, Dwi Nur Hidayati yang turut mewakili kepesek SMPN 04 Dr Yohanis M.Pd. Dirinya menjelaskan dalam mendukung adiwiyata turut dicanangkan juga budidaya tekhnik budidaya tanaman jenis sayuran selada melalui “ metode hydroponik “, saat diwawancarai Suara Borneo pada Selasa (05/03) 2019 dilingkup sekolah SMPN 04.
Dwi menegaskan metode menanam sayur mayur hydroponik merupakan metode penanaman yang menggunakan media tanam utama berupa unsur air. “Biasanya dalam menanam biasanya bibit tanaman sayuran di tanam melalui media tanah, namun untuk hydroponik lebih menggunakan sarana air, yang dialiri melalui pipa paralon, uniknya tanaman hydroponik dapat ditanam dalam ruangan jika tidak memiliki perkarangan atau pelataran namun tetap diberikan asupan sirkulasi dan pencahyaan sinar ultra violet (matahari),” jelasnya.

Selain itu menurut guru berhijab tersebut mengungkapkan untuk dapat menanam melalui tekhnik hydroponik selain diruang tertutup dapat juga di tempat yang luas, jenis tanaman yang dapat dibudidayakan menggunaka metode ini juga sangat beragam, seperti sayuran daun selada. cara menanam selada hidroponik ini sangatlah simpel.

Budidaya tanaman hydroponik di SMPN 04 secara bersama dengan guru dan murid melakukan pengelolaan. “Saat ini hydroponik tengah membudidayakan tanaman sayuran selada, bahkan memasuki masa panen sayuran yang kita kembangkan tersebut dapat tumbuh subur,” urai Dwi. (aji/ra-sb)

Check Also

Prestasi Diraih 100 Hari Kerja Direktur Utama Bank Kalsel

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Sejak dilantik secara definitif Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, Jum’at 4 Januari …