Tingkatkan Eskul Tarian Dayak Persiapan Hadapi Festival Lomba Tarian Tingkat Kecamatan

(SERIUS BERLATIH : Murid kelas 3 dan 4 ekstra berlatih menari dayak hadapi lomba festival tari di tingkat Kecamatan.FOTO & Rilis : Tim Suara Borneo Com Kutim/Bhara Aji)

SuaraBorneo.comom, Kutai Timur, Sangatta – Murid kelas 3 sampai dengan kelas 4 di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 011 terhitung sejak Senin (04/03) sampai dengan Kamis (04/03) 2019 ditempa latihan menari yang maksimal selama 4 hari.

Yang mana latihan menari merupakan salah satu ekstrakulikuker di SDN 011. “ Yah agenda ekstrakulikuler menari merupakan jadwal rutin juga yang dilakukan para murid kami, untuk saat ini saya tengah mempersiapkan mereka untuk mengikuti festival lomba tari di tingkat kecamatan,” terang salah satu guru kurikulum sekaligus guru tari Kristina Borotoding, S.Pd.k
Kristina -ramah disapa- para murid di SDN 011 diwajibkan menguasai dan mendalami seni tarian dayak. “ Karena di Kutai Timur luasnya Kaltim memang penduduk asli sebagian besar dari suku dayak pedalaman. Melalui tarian ini kami sangat berharap dapat turut mempromosikan nilai seni di Kutim ini,” terangnya.

Suara Borneo menanyakan kepada Kristina, lantas untuk menghadapi festival lomba tari ditingkat kecamatan para peserta tari di SDN 011 membawakan persembahan tarian wanita dayak. “Yang mana untuk dapat membuahkan hasil karya tari yang menarik membutuhkan waktu 1 bulan sebenarnya agar lebih maksimal lagi saat tampil, dalam festival tarian para penari akan membawakan gambaran akan sebuah untaian makna tersirat kepada setiap penonton nantinya yaitu mengenai aktifitas keseharian wanita dayak seperti bertani dan mengurus rumah tangga “seorang ibu” karena jika ditarik dari intisari tarian nantinya bahwasannya wanita dayak adalah perempuan mandiri, sabar, penyayang dan tangguh,” ucap Kristina.
Dipenghujung wawancara khusus dengan pelatih tari, Fransiska mengharapkan ada bantuan sarana seperti kostum dan aksesoris demi menunjang para murid didik tari-nya. (tim Suara Borneo Com/aji)

Check Also

Kenang Jasa Pahlawan, Bank Kalsel Gelar Upacara dan Lomba HUT Kemerdekaan RI ke-74

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Sebagai puji syukur untuk mengenang jasa-jasa pahlawan, Bank Kalsel melaksanakan upacara Hari …