Rutin Jadwalkan Jumat Ceria Galang Kebersamaan Kekompakan Antar Guru dan Murid Sempega

(Agenda Jumat ceria dirangkai dengan SKJ, Kerja Bhakti dan Literacy dalam meningkatkan wawasan dan menanamkan kecintaan akan kesehatan, kebersihan dan berwawasan. (Ist)

SuaraBorneo.com, KUTAI TIMUR – Setiap memasuki Jumaat pagi, pihak Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 03 Kecamatan Sangatta Utara turut memperogramkan “Jumaat Ceria”
Kepala Sekolah SMPN 03 Sangatta Daud Boro mengatakan adapun aktivitas Jumat Ceria diawali dengan kerja bhakti, membuidayakan para murid melalui gerakan serentak meminum air putih, literacy atau dalam bahasa Indonesia-nya literasi yang memiliki pengertian yaitu kemampuan individu mengolah dan memahami informasi saat membaca atau menulis. Literasi lebih dari sekedar kemampuan baca tulis, oleh karena itu, literasi tidak terlepas dari ketrampilan bahasa yaitu pengetahuan bahasa tulis dan lisan yang memerlukan serangkaian kemampuan kognitif, pengetahuan tentang genre dan kultural.

Meskipun literasi merupakan sebuah konsep yang memiliki makna kompleks, dinamis, terus ditafsirkan dan didefinisikan dengan beragam cara dan sudut pandang, namun hakekatnya kemampuan baca tulis seseorang merupakan dasar utama bagi pengembangan makna literasi secara lebih luas

“Kami juga menanamkan kebiasaan kepada para murid untuk tetap menyayangi kesehatan dengan membiasakan minum air putih (mineral), agar tubuh senantiasa mendapatkan asupan cairan yang cukup,” urai Daud Boro.

Daud Boro menegaskan selain itu aktivitas jumat ceria menanamkan cinta kebersihan lingkungan. “cinta kebersihan lingkungan, kami praktekan dalam kerja bhakti dengan melakukan aksi bersih-bersih dilingkungan sekolah.

Dengan kebersihan di sekitar lingkungan sekolah memberikan kenyamanan juga baik kepada murid dan para guru serta sekolahan dapat dikategorikan sebagai sekolah sehat,” ulas Daud.

Sementara dirinya menambabkan Jumat bersih diawali dengan Senam Kesehatan Jasmami (SKJ). “ Dengan SKJ dapat menumbuhkan jiwa kebersamaan serta memberikan kebugaran jasmani dikalangan guru dan murid,” tutup Daud. (*aji/ra-sb)

Check Also

Aset Lebih Rp 13 Triliun, Bank Kalsel Tawarkan Saham Perdananya Untuk Umum Tahun 2020

BANJARMASIN, SuaraBorneo – Bank Kalsel merupakan milik pemerintah provinsi Kalimantan, selalu berkomitmen membangun dan kemajuan …

error: Off